Jalur Pendakian Gunung Everst

Posted by Denny Wahyu Putro on 10.59

Sebagai gunung tertinggi seantero planet bumi, gunung everest memiliki magnet tersendiri bagi para pecinta pendakian. Namun gunung berketinggian pada 8848 mdpl ini tak selalu bersahabat bagi para pendakinya. Cuaca tak terduga menyebabkan tak sedikit yang tercatat sekarat bahkan meninggal di gunung ini. Penanganan terbaik bagi mereka yang kehilangan nyawa di everest adalah menguburkan di tempat itu. Everest adalah saksi hidup dari ketabahan dan keuletan manusia, juga keberanian dan tekad. Gunung ini sekaligus merupakan sebuah panggung besar yang mempertontonkan segala ketamakan dan keserakahan manusia dalam menghadapi alam. Untuk jalur pendakian gunung everst bisa anda simak penjelasan di bawah ini. 


Jalur Pendakian Gunung Everst Yang Berbahaya

Setiba di Tribhuvan International Airport, anda harus melanjutkan perjalanan pada jalur pendakian gunung everest yaitu ke Tenzing-Hillary Airpot di Lukla. Sebelum ke puncak Everest, kamu harus ke EBC (Everest Base Camp). Untuk sampai EBC, dari Lukla, anda bisa treking ke Phakding pada ketinggian 2656 mdpl dengan jarak tempuh selama 3 jam. Selanjutnya anda harus melanjutkan perjalanan ke Namche pada ketinggian 3450 mdpl. 


Di Namche anda bisa melakukan aklimatisasi atau penyesuaian suhu sebelum ke EBC. Perjalana dari Phakding ke Namche bisa anda tempuh dalam 8 jam perjalanan. Setelah melakukan aklimatisasi di Namche, anda bisa melanjutkan perjalanan ke Tengboche pada ketinggian 3867 mdpl. Suhu udara di tempat tersebut semakin dingin. Dari Tengboche, lanjut perjalanan ke Periche pada ketinggian 4252 mdpl. Disini anda bisa melakukan aklimatisasi kembali.

Jalur Pendakian Gunung Everst Yang Sering Dilalui

Setelah proses aklimatisasi selesai anda bisa melanjutkan perjalanan ke Lobuche pada ketinggian 4930 mdpl. Suhu disini lebih parah dinginnya. Lanjut naik lagi ke Gorak Sheep pada ketinggian 5184 mdpl. Setelah sampai di Gorak Sheep anda bisa lanjut ke base camp everest. Sampai di EBC, anda akan disambut bendera warna warni khas himalaya. Dari EBC ini, anda bisa melakukan perjalanan ke camp 1 pada ketinggian 6000 mdpl, camp 2, camp 3 pada ketinggian 7300 mdpl, dan puncak everest pada ketinggian 8848 mdpl. Inilah jalur pendakian gunung everest yang sangat berat dan menantang. 
Jalur pendakian gunung everest sangatlah berbahaya dan menantang, hal ini yang menyebabkan kesulitan bagi para pendaki. 


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 10.59