Gunung Kinabalu, Puncak tetinggi di Malaysia

Posted by Unknown on 08.30

Gunung kinabalu merupakan salah satu gunung yang terletak di pulau Kalimantan. Akan tetapi, gunung ini berada di wilayah negara Malaysia. Gunung kinabalu terletak di kawasan Sabah, Malaysia, dengan ketinggian mencapai 4.095 mdpl. Guung kinabalu adalah gunung tertinggi ketiga di kawasan Asia Tenggara setelah Gunung Hkakabo Razi di Myanmar dan Puncak Jaya Wijaya di Indonesia.

Gunung-Kinabalu

Masyarakat Sabah mempercayai bahwa gunung kinabalu merupakan tempat bersemedinya jiwa mereka setelah meninggal dunia. Mereka juga menganggap bahwa gunung kinabalu dapat memberikan semangat juang dan persatuan mereka. 

Tips Mendaki Gunung Kinabalu

Gunung kinabalu adalah salah satu gunung yang jadi favorit pendakian di kawasan asia tenggara. Hal ini dikarenakan pemandangan yang indah adalah jaminan yang akan didapatkan pendaki jika sampai di atas puncak nanti. Selain itu, gunung ini juga bukan gunung berapi yang sangat aktif seperti gunung merapi, dll sehingga relatif aman apabila didaki sepanjang tahun. 

Ada beberapa tips yang dapat dijadikan sebagai pedoman dalam rencana pendakian yang akan anda lakukan di gunung kinabalu. Diantaranya yaitu;

1. Mendaki di Musim Panas
Mendaki saat musim panas lebih aman jika dibandingkan dengan mendaki saat musim hujan. Saat musim panas memang udara malam hari akan terasa lebih menusuk jika dibandingkan dengan saat musim hujan. Akan tetapi mendaki saat musim panas maka anda meminimalisasi risiko terkena longsoran tanah yang diakibatkan oleh hujan, jalan yang lebih licin, serta mengurangi risiko terkena terpaan angin dari laut cina selatan yang akan semakin besar saat tiba musim hujan. 


2. Mendaki dengan Didampingi Guide
Saat mengatur perizinan pendakian gunung kinabalu, setiap kelompok pendaki akan mendapatkan seorang guide yang akan memandu maksimal 6 pendaki dengan biaya perhari sekitar MYR 100 per hari. Dengan didampingi guide, maka pendakian yang anda lakukan akan lebih aman. 

3. Gunakan Jasa Operator Pendakian SSL
Untuk mempermudah proses perizinan mendaki gunung kinabalu, anda dapat memilih operator pendakian SSL. Apabila anda menggunakan operator SSL, maka anda diharuskan memesan tempat pendakian di Laban Rata. 


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 08.30