Tujuh Gunung Tertinggi di Dunia Ada di Asia

Posted by Unknown on 08.00

Gunung tertinggi di dunia terletak di pegunungan Himalaya, Asia, dengan puncaknya Everest. Gunung adalah sebuah daratan di permukaan bumi yang memiliki ketinggian yang lebih tinggi dari daerah sekitarnya yang terjadi akibat dari adanya gaya tektonik dalam bumi. Sebuah gunung umumnya memiliki tinggi dan bentuk yang lebih dari sebuah bukit. Bentuk gunung umumnya lebih curam jika dibandingkan dengan bukit. 

Gunung Tertinggi di Dunia

1. Gunung Everest
Gunung tertinggi di dunia adalah Gunung Everest yang merupakan bagian dari pegunungan Himalaya yang terletak di negara Tiongkok dan Nepal. Gunung Everest memiliki ketinggian 8.848 mdpl yang merupakan puncak tertinggi di dunia. Puncak adalah salah satu dari tujuh puncak tertinggi di dunia. 

Gunung-Tertinggi-di-Dunia

2. Gunung Godwin Austen atau K2
Gunung ini diberi nama resmi godwin austen, yang merupakan nama orang pertama yang mendakinya. Gunung Godwin Austen memiliki ketinggian 8.611 mdpl dan cakupan wilayahnya meliputi negara Pakistan dan Tiongkok.

Gunung-Godwin-Austen-atau-K2

3. Gunung Kangchenjunga
Gunung ini masih merupakan gugusan pegunungan Himalaya dan memiliki ketinggian 8.586 mdpl. Gunung ini memiliki cakupan wilayah negara Nepal dan India.

Gunung-Kangchenjunga

4. Gunung Lhotse
Letak gunung ini di sebelah utara Nepal dan Tiongkok dan memiliki ketinggian 8.516 mdpl. Pendaki pertama gunung ini yaitu Fritz Luschinger dan Ernst Reiss pada tahun 1956.

Gunung-Lhotse


5. Gunung Makalu
Gunung ini adalah salah satu puncak tersulit untuk didaki. Gunung ini memiliki ketinggian 8.481 mdpl dan masih termasuk dalam gugusan pegunungan himalaya.

Gunung-Makalu

6. Gunung Cho Oyu
Gunung ini terletak di sebelah barat gunung Everest dengan ketinggian 8.201 mdpl. Ekspedisi pertama gunung ini dilakukan pada tahun 1952 namun tidak berhasil mencapai puncaknya.

Gunung-Cho-Oyu

7. Gunung Dhaulagiri
Gunung ini memiliki ketinggian 8.167 mdpl dan terletak di pegunungan himalaya. Gunung ini terletak di wilayah negara Nepal.

Gunung-Dhaulagiri


Dari sebagian banyak gunung yang memliki ketinggian di atas 8.000 mdpl, banyak diantaranya yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. Puncak gunung tertinggi di dunia sempat menjadi perdebatan pada awal masa pengukurannya.

Hampir semua puncak gunung tertinggi di dunia terletak di Asia dan terdapat pada kawasan pegunungan Himalaya.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 08.00