Lima Manfaat Gunung Terhadap Manusia

Posted by Unknown on 08.33

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keindahan alam, mulai dari pantai, hutan, sungai, hingga gunung. Setiap keindahan itu memiliki manfaat masing-masing dalam kehidupan. Salah satu manfaat terbesar yang disediakan oleh alam terdapat pada gunung. 

Manfaat gunung bagi kehidupan sangat banyak. Indonesia sebagai salah satu negara dengan gunung berapi terbanyak di dunia memiliki tanah yang subur sebagai manfaat dari abu vulkanik yang dikeluarkan oleh gunung. Lebih lengkap mengenai manfaat gunung akan dijelaskan berikut ini.

Manfaat-Gunung

Manfaat Gunung bagi Kehidupan

Gunung memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kehidupan manusia, berikut penjelasan mengenai beberapa manfaat gunung.

1. Menyuburkan Tanah
Abu vulkanik yang dikeluarkan dari gunung berapi akan membuat tanah menjadi subur setelah mengalami proses bertahun-tahun. Hal inilah yang membuat lahan di sekitar gunung berapi menjadi sangat subur untuk ditanami berbagai jenis sayuran.

2. Material yang Bermanfaat
Saat mengalami erupsi, maka material yang dikeluaran gunung berapi akan bermanfaat untuk dijual. Sepert misalnya pasir yang sangat baik digunakan sebagai bahan bangunan. Batu untuk membangun rumah dan gedung-gedung bertingkat. Serta bahan tambang lain.

3. Sebagai Tempat Penyimpan Air
Fungsi gunung yang lain yaitu sebagai tempat penyimpan air. Gunung mengalirkan air ke daerah-daerah yang memiliki ketinggian yang lebih rendah.


4. Sebagai Objek Wisata
Keindahan gunung dapat dimanfaatkan sebagai objek wisata. Salah satu objek wisata dengan objek gunung yaitu objek wisata Ketep Pass di Magelang dengan gunung merapi sebagai objeknya.

5. Pendakian
Akhir-akhir ini gunung banyak didaki oleh banyak orang. Hal ini tentunya memiliki dua dampak, dampak buruk dan dampak positif. Dampak buruknya adalah mereka yang hanya melakukan pendakian untuk sekadar hobi dan menjadikan gunung sebagai tempat sampah baru. Dampak positifnya adalah orang-orang tergerak untuk memiliki gaya hidup yang sehat dengan berolahraga melakukan pendakian ke gunung.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 08.33