Sejarah Gunung Ledang

Posted by Denny Wahyu Putro on 15.32

Gunung Ledang atau dikenal dengan sebutan Mount Ophir merupakan sebuah gunung terletak di daerah Ledang di Johor Darul Takzim, Malaysia. Gunung ini memiliki ketinggian 1,276 meter, dimana gunung ini merupakan gunung tertinggi di Selatan Semenanjung Malaysia. Gunung Ledang sendiri dipercaya sebagai salah satu hutan yang sangat kaya dengan spesies tumbuhan yang sukar ditemui di dunia. Dari Sejarah Gunung Ledang ini merupakan tempat yang mengandung begitu banyak simpanan emas, dimana pelayar dari China menyebutnya sebagai ‘Kim Sua’ atau dengan sebutan Gunung Emas. Salah satu sumber lain mengatakan bahwa orang Jawa dari Kerajaan Majapahit menamakan gunung tersebut sebagai Gunung Ledang yang berarti gunung dari jauh atau gunung paling jauh.

Legenda Sejarah Gunung Ledang

Dari beberapa sumber mengenai Sejarah Gunung Ledang, menceritakan bahwa Gunung Ledang ini terdapat legenda, dimana pada saat itu Puteri Gunung Ledang dikatakan amat cantik hingga diinginkan oleh Sultan Mahmud dari Kesultanan Melaka. Pendekar yang diutuskan meminang ialah Laksamana Hang Tuah, Tun Mamat dan beberapa orang lain. Hang Tuah sendiri semasa kecilnya berguru silat di atas Gunung Ledang dan disitulah Hang Tuah sudah terbiasa dengan jalan ke puncak Gunung Ledang. 

Sejarah Gunung Ledang

Akan tetapi kala itu umurnya telah terlalu tua untuk mendaki ke puncak Gunung Ledang, dengan hal itu Tun Mamat ditugaskan ke puncak dan menemui seorang nenek tua atau dikenal sebagai nenek kebayan yang sebenarnya adalah samaran kepada Puteri Gunung Ledang. Puteri Gunung Ledang menurut ceritanya telah menolak pinangan Sultan Mahmud dengan mengenakan tujuh syarat yang tak mampu ditunaikan, yaitu :
  1. 1 Jembatan emas dari Melaka ke Gunung Ledang
  2. 1 Jembatan perak dari Melaka ke Gunung Ledang
  3. 7 dulang hati nyamuk
  4. 7 dulang hati kuman
  5. 7 tempayan air mata anak dara
  6. 7 tempayan air pinang muda
  7. 1 mangkuk darah Sultan Ahmad, yaitu anak Sultan Mahmud Shah, dan yang masih kanak-kanak lagi.

Tetapi semua syarat tersebut sanggup ditunaikan oleh Sultan Melaka kecuali darah puteranya. Dalam Hikayat Hang Tuah, Sultan yang meminang dengan Puteri Gunung Ledang bukannya Sultan Mahmud, tetapi Sultan Mansor Shah.

Sejarah Gunung Ledang dan Keindahannya

Dari cerita Sejarah Gunung Ledang tersebut, ternyata Gunung Ledang juga memiliki keindahan yang luar biasa. Apabila anda hendak mendaki gunung ini, perjalannya sendiri hanya memakan waktu selama lima jam untuk menuju puncak dari taman. Dalam perjalanannya disana anda akan disuguhkan pemandangan yang indah dan menakjubkan dari gunung ini.




Nama Anda
New Johny WussUpdated: 15.32