Gunung Sindoro, Salah Satu Gunung Dengan Jalur Pendakian Menawan

Posted by Unknown on 08.00

Gunung Sindoro adalah salah satu dari beberapa gunung yang terletak di Jawa Tengah. Gunung Sindoro berdekatan dengan Gunung Sumbing sehigga keduanya sering disebut sebagai gunung kembar. Gunung ini terletak di perbatasan Temanggung-Wonosobo. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 3.136 mdpl.

Jalur Pendakian Gunung Sindoro

Gunung-Sindoro

Jalur pendakian Gunung Sindoro via pos kledung sampai puncak diperkirakan memakan waktu selama 8 jam. Pos Kledung terletak di dekat jalan raya Temanggung - Wonosobo. Mendaki gunung sindoro lewat pos kledung harus mempersiapkan air yang cukup banyak untuk sampai puncak karena selama jalur pendakian tidak akan ditemui sumber mata air. 

Perjalanan dari pos kledung menuju pos satu melewati jalur berbatu melewati ladang pertanian penduduk. Dari pos satu menuju pos dua banyak percabangan jalur menuju ladang penduduk sehingga dibutuhkan kejelian dalam memilih jalur yang benar. Dari pos dua menuju pos tiga jalur yang harus dilewati banyak yang menanjak sehingga akan cukup menguras tenaga. Di pos tiga terdapat dataran yang cukup luas sehingga dapat mendirikan tenda untuk bermalam maupun sekadar beristirahat. 

Jika anda mendaki saat sedang ramai, maka mungkin akan mendapati warung penduduk di pos ini. Jika rombongan anda banyak, dirikanlah tenda di pos ini dan beristirahat satu malam sebelum summit attack, akan tetapi apabila rombongan anda sedikit dapat dilanjutkan hingga sampai pos 4 dan baru mendirikan tenda karena di pos empat tidak memiliki dataran yang cukup luas untuk mendirikan tenda. 

Perjalanan dari pos tiga ke pos empat akan disuguhi pemandangan yang sangat indah. Perjalanannya sendiri akan memakan waktu sekitar 2 jam. Perjalanan dari pos 4 ke puncak akan memakan waktu paling cepat 1,5 jam dan akan melewati padang edelweis yang memesona. 

Baca Juga :

Puncak gunung sindoro merupakan dataran yang cukup luas sehingga dapat dijadikan tempat mendirikan tenda. Di puncak akan dijumpai kawah mati yang apabila musim hujan akan terisi oleh air yang dapat digunakan untuk memasak. Keindahan gunung sindoro akan semakin sempurna apabila dinikmati saat sunrise.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 08.00