Gunung Arjuno, Dengan Cerita dan Misteri Yang Melingkupinya

Posted by Unknown on 08.00

Gunung arjuno adalah gunung yang terletak di Jawa Timur, tepatnya di daerah Malang. Gunung ini memiliki ketinggian 3.339 m dpl dan merupakan salah satu gunung tertinggi di jawa timur. Gunung Arjuno bersebelahan dengan Gunung Welirang. Gunung ini adalah salah satu gunung yang banyak didaki karena keindahan alamnya serta tingginya yang lebih dari 3.000 m dpl.

Misteri Gunung Arjuno

Gunung-Arjuno

Di gunung arjuno banyak ditemukan petilasan peninggalan kerajaan Singosari dan Majapahit yang tentu saja membuat suasana di gunung arjuno terasa cukup mistis. Petilasan-petilasan tersebut pada zaman dahulu digunakan sebagai tempat bertapa. 

Beberapa petilasan tersebut yaitu petilasan Eyang Abiyasa, Petilasan Eyang Sakri, Petilasan Eyang Semar, dll. Selain petilasan, salah satu tempat yang cukup mistis lainnya yaitu Alas Lali Jiwo, yang merupakan sebuah hutan yang akan dijumai saat hendak sampai di puncak gunung arjuna. Konon katanya, seseorang yang memiliki niat jahat akan tersesat di tempat ini dan dibawa ke alam jin untuk dikawinkan dengan bangsa jin. Selanjutnya yaitu pasar dieng. 

Pasar Dieng ini merupakan sebuah dataran yang cukup luas yang dapat ditemui dalam pendakian sebelum mencapai puncak gunung arjuno. Konon pada suatu waktu pernah seorang pendaki ketika bermalam di kawasan pasar dieng mendengar kegaduhan saat malam hari, sehingga ia memutuskan untuk keluar dari tenda dan mengecek apa yang terjadi. Saat keluar tenda, dirinya melihat sebuah pasar yang menjual berbagai macam barang sehingga ia memutuskan untuk membeli jaket. Saat kembali masuk tenda dan terbangun di pagi hari, ia tak mendapati jejak pasar yang ia lihat malam sebelumnya.  

Misteri yang terakhir yaitu ‘’Ngundhuh Mantu’’. Bagi pendaki yang dalam perjalanan menuju puncak gunung arjuno mendengar suara gamelan seperti acara ngundhuh mantu maka disarankan untuk kembali ke bawah dan tidak meneruskan pendakian. Apabila pendaki tersebut tetap melakukan pendakian, maka mitos yang beredar di masyarakat yaitu pendaki tersebut akan tersesat dan tak akan kembali.

Misteri Gunung Lainnya :
Kepercayaan mengenai hal-hal mistis sangat kental pada masyarakat Indonesia, terutama masyarakat pulau jawa, mau percaya atau tidak, toh kepercayaan itu merupakan sebuah cerita yang diperoleh secara turun-temurun di masyarakat. Demikian kepercayaan masyarakat tentang misteri gunung arjuna yang beredar.

Misteri-Gunung-Arjuno

Tak berbeda dengan gunung-gunung yang lain, setiap gunung pasti memiliki cerita tersendiri, termasuk dengan misteri gunung arjuno yang sudah diketahui oleh masyarakat luas.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 08.00