Jalur Pendakian Gunung Daik

Posted by Denny Wahyu Putro on 11.06

Gunung Daik merupakan sebuah gunung yang terletak di Pulau Lingga, kepulauan Riau. Dengan ketinggian yang hanya 1.165 mdpl maka gunung ini menjadi salah stau gunung favorit untuk pendakian di kawasan melayu sana. Meskipun tidak terlalu populer bagi kalangan pendaki di pulau Jaawa, namun gunung ini ternyata merupakan salah satu gunung favorit pendaki negeri jiran. Jalur pendakian gunung daik tidaklah sesulit pendakian gunung merapi, semeru, atau gunung-gung lain dengan tinggi yang menjulang sehingga menjadi slaah satu gunung favorit di tanah melayu.

Jalur Pendakian Gunung Daik

Jalur Pendakian Gunung Daik Cukup Ringan

Jalur pendakian gunung daik sebagian besar didominasi oleh jalur setapak yang berisi  pepohonan di samping kanan dan kirinya. Rimbunnya pepohonan bagaikan kanopi yang siap melindungi kepala dari terpaan air hujan dan panas secara langsung. Sesekali anda akan melalaui sungai berbatu yang menyimpan banyak kandungan makanan berupa ikan dan juga udang. Untuk sekadar melepas lelah, maka tidak ada salahnya anda bersitirahat di sungai sambil mencari ikan. 
Baca juga : Jalur Pendakian Gunung Butak Via Bukit Panderman
Setelah melewati jalur sungai maka anda akan menghadapi jalur yang cukup curam dengan kemiringan sekitar 30-45 derajat. Berhati-hatilah di jalur ini karena banyak terdapat tebing-tebing yang akan membuat anda terjatuh jika tidak berhati-hati.

Jalur Pendakian Gunung Daik, Kepulauan Riau

Melanjutkan perajalanan maka anda akan berada di sebuah lokasi yang dinamakan kandang babi. Tempat ini merupakan sebuah tempat gigiran tebing yang dapat dijadikan tempat beristirahat. Dari daerah ini anda akan dapat menyaksikan sebuah teing dengan kemiringan yang mencapai 90 derajat sehingga tidak mungkin dapat dipanjat tanpa peralatan. Itulah jalur pendakian gunung daik, sebuah gunung dengan ketinggian yang tidak terlalu tinggi namun menyimpan keindahan tersembunyi.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 11.06