Jalur Pendakian Gunung Ciremai Apuy Yang Menjadi Favorit Pendaki

Posted by Unknown on 11.26

Gunung ciremai merupakan gunung yang ada di jawa barata yang saat ini menjadi gunung tertinggi di jawa barat dengan ketinggian mencapai 3978 mdpl. Gunung ciremai ini terletak di 3 kabupaten yang ada di jawa barat, yaitu kabupaten cirebon, majalengka, serta kuningan. Saat ini ada 3 pilihan jalur untuk mendaki gunung ciremai, dan salah satu jalur yang banyak dipilih pendaki adalah jalur pendakian gunung ciremai apuy, karena jalur ini tidak terlalu panjang serta memiliki trek yang tidak terlalu ekstrim.

Jalur Pendakian Gunung Ciremai Apuy Yang Menjadi Favorit Pendaki

Jalur Pendakian Gunung Ciremai Apuy Yang Bisa Dibantu Angkutan

Untuk menuju jalur pendakian gunung ciremai apuy ini tidaklah menyulitkan. Jika inign kesana adna harus melewati perempatan kadipaten majalengka, dan selanjutnya perjalanan dilanjutkan menuju apuy. Disana anda mendaftarikan diri terlebih dahulu di basecamp-nya dengan membayar tiket sebesar rp 50.000. Setelah itu perjalann dilanjutkan menuju pos 1 yang memakan waktu sekita 45 menit. Namun perjaklanan bisa menjadi lebih ringkas karena untuk ke pos 1 juga telah tersedia angkutan yang bisa disewa menuju pos 1.
Baca juga : Jalur Pendakian Gunung Ciremai
Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju pos 2 arban dengan jark tempuh sekitar 30 menit dan didominasi oleh semak-semak yang rimbun. Kemudian perjalan dilanjutkan kembali menuju pos 3 tegal masawa yang membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Perjalan menuju npos 3 ini akan mulai menanjak dan akan mulai terdapat pepohonan yang rimbun.

Jalur Pendakian Gunung Ciremai Apuy Yang Posnya Berupa Goa

Jalur pendakian gunung ciremai apuy dilanjutkan denghan menuju pos 4 tegal jamuju dengan masih didominasi oleh hutan lebat dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 45 menit. Setelah itu perjalanan akan menjadi lebih panjang saat menuju pos 5 saghyang rangkah dengan aktu tempuh sekitar 1.5 jam dan jauh lebih lama lagi bila menuju pos 6 goa walet yang membutuhkan waktu 2 jam. Dan di pos 6 ini nantinya akan menjimpai pertigaan yang salah satu jalurnya akan mempertemukan jalur apuy dengan jalur palutungan.

Di pos 6 tersebut biasanya dijadikan tempat bermalam bagi pendaki, dan dipagi harinya mereka akan mempersiapkan perjalanan menuju puncak yang membutuhkan waktu sekitar 30 menit.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 11.26