Jalur Pendakian Gunung Ciremai

Posted by Unknown on 11.18

Pastinya anda sudah tahu dimana gunung ciremai berada dan tentu anda ingin merasakan sensasi jalur pendakian gunung ciremai. Gunung Ciremai merupakan salah satu gunung yang memiliki ketinggian pada 3078 mdpl, terletak di 3 kabupaten yaitu kabupaten cirebon, kabupaten kuningan, dan kabupaten majalengka, provinsi jawa barat. Gunung berapi ini merupakan gunung tertinggi di jawa barat. Asal nama ciremai atau ceremai adalah dari kata tumbuhan bernama cereme yaitu sejenis tumbuhan perdu di gunung. Kemudian masyarakat jawa barat biasanya menamakan suatu tempat dengan awalan ci maka dinamakan gunung ciremai.

Jalur Pendakian Gunung Ciremai

Beberapa Spot Pada Jalur Pendakian Gunung Ciremai Yang Sering Dilalui

Gunung ciremai sendiri merupakan gunung yang memiliki tipe atau bentuk kerucut dan terdapat kawah di tengahnya, dimana tanda gunung ini merupakan gunung berapi strato.  Kawah gunung ciremai di jalur pendakian gunung ciremai ini membentuk dua bagian yaitu bagian barat dan timur. Kawah barat yang beradius 400 m terpotong oleh kawah timur yang beradius 600 m. Gunung ciremai ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai Jawa Barat. Gunung ciremai ini sudah tidak aktif sejak 1600 tahun yang lalu. 
Baca juga : Jalur Pendakian Gunung Ciremai Via Palutungan
Letusan terakhir gunung ciremai ini pada tahun 1938. Puncak gunung ciremai ada dua yaitu puncak sunan mataram atau sunan talaga pada ketinggian 3058 mdpl dan puncak sunan cirebon pada ketinggian 3078 mdpl. Puncak sunan mataram ditandai dengan batu triangulasi dan puncak sunan cirebon ditandai dengan puncak tertinggi.

Beberapa Jalur Pendakian Gunung Ciremai

Jalur pendakian gunung ciremai ada banyak antara lain jalur via paluntungan, jalur via linggarjati kabupaten kuningan, via jalur apuy kabupaten majalengka, dan jalur via desa padabeunghar di perbatasan kuningan dengan majalengka di utara. Terlihat makam sunan cirebon gunung ciremai, kawah gunung ciremai, puncak gunung sindoro, sumbing, dan slamet. Selain itu terdapat beberapa fauna dan flora yang dilindungi ketika mendaki gunung ciremai ini. Gunung tertinggi di jawa barat ini harus anda taklukkan untuk menambah pengalam anda dalam mendaki gunung. Waktu yang diperlukan untuk mendaki kurang lebih selama satu sampai dua hari. 


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 11.18