Jalur Pendakian Gunung Ciremai Via Palutungan

Posted by Unknown on 11.11

Jalur pendakian gunung ciremai via palutungan merupakan jalur pendakian  yang sangat populer karena banyak dilalui dan dipilih oleh para pendaki. Gunung ciremai ini memiliki ketinggian pada 3078 mdpl karena letak gunung ini yang tidak erlalu jauh dari pesisir pantai maka ketinggiannya akan terasa sangat berbeda dengan gunun yang lain yang jauh dari laut. Jalur pendakian via palutungan yaitu jalur pendakian dari kabupaten kuningan, jawa barat. Gunung ciremai ini terletak di kabupaten cirebon, kuningan, dan majalengka. 

Jalur Pendakian Gunung Ciremai Via Palutungan

Akses untuk menuju basecamp palutungan cukuplah mudah. Dari kota kuningan bisa menggunakan angkot menuju daerah resort cigugur atau kantor taman nasional gunung ciremai. Sebelu memasuki jalur palutungan, pendaki harus mendaftarakan diri terlebih dahulu di kantor taman nasional gunung ciremai. Tiket masuk gunung ciremai ini dipatok dengan harga 50 ribu rupiah, tarif ini sangat mahal bagi para pendaki dan warga setempat. 

Jalur Pendakian Gunung Ciremai Via Palutungan Yang Sering Dilalui Pendaki

Waku yang diperlukan untuk melewati jalur pendakian gunung ciremai via palutungan ini, dari pos 1 sampai ke pos 2 menempuh waktu 2 jam. Di pos 2 atau cigowong terdapat sumber air pohon yang besar, dan memiliki lahan luas dimana sangat tepat untuk mendirikan tenda atau bermalam. Trek di jalur tersebut didapati dengan trek yang menanjak, disertai dengan menyusuri lembah. Menuju pos kuta cukup 30 menit dengan trek menanjak. 
Baca juga : Jalur Pendakian Gunung Ciremai Via Apuy
Selanjutnya menuju pos pangguyangan badak dibutuhkan waktu 45 menit. Menuju ke pos Arban dengan trek menanjak dan ditempuh dalam waktu 1 jam.

Beberapa Jalur Pendakian Gunung Ciremai Via Palutungan

Menuju pos pasanggrahan juga harus melalui trek menanjak yang liar. Setelah itu menuju pos sanghiyang ropoh didapati trek yang menanjak ekstrim. Di pos sanghyang ropoh akan dijumpai percabangan antara jalur apuy dari majalengka dan akan memasuki vegetasi cantigi dan edelweis. Kemudian dilanjutkan ke pos Goa walet yang merupakan lahan luas untuk mendirikan tenda. Untuk sampai ke puncak dari goa walet dibutuhkan waktu 30 menit. Di jalur pendakian gunung ciremai via palutungan ini tepatnya di puncak, kita akan menyaksikan indahnya daerah majalengka, cirebon, laut jawa, dan gunung slamet. Puncak gunung ciremai ini memiliki kawah yang besar dan terdapat batu triangulasi.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 11.11