Jalur Pendakian Gunung Ciremai Via Apuy

Posted by Denny Wahyu Putro on 10.38

Jalur pendakian gunung Ciremai via Apuy merupakan jalur pendakian dari kabupaten Majalengka. Jalur Apuy ini merupakan jalur pendakian yang populer dan menjadi salah satu favorit bagi para pendaki. Selain jalur yang tidak terlalu panjang dan trek yang tidak terlalu ekstrim, pemandangan yang ada pada setiap perjalanan juga sangat indah. Gunung ciremai sendiri merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian pada 3978 mdpl. Gunung ciremai berdiri di atas 3 kabupaten yaitu kabupaten Cirebon, kabupaten kuningan, dan kabupaten Majalengka, provinsi Jawa Barat.

Jalur Pendakian Gunung Ciremai Via Apuy

Jalur Pendakian Gunung Ciremai Via Apuy Tidak Sulit

Transportasi menuju jalur pendakian gunung ciremai via Apuy tidak sulit. Biasanya tempat yang pertama dituju yaitu perempatan kadipaten Majalengka atau terminal Majalengka. Untuk akomodasi selanjutnya bisa memakai angkot, minibus elf, atau angkutan umum yang lain. Dari perempatan kadipaten atau terminal tersebut dilanjutkan menuju Apuy. Biasanya ada pula yang mencarter mobil pick-up dengan biaya Rp 20.000 per orang. Di basecamp Apuy ini kita bisa mendaftarkan diri atau membeli tiket masuk gunung Ciremai. Hal tersebut karena gunung ciremai masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. 
Baca juga : Jalur Pendakian Gunung Ciremai Linggarjati
Tiket masuk gunung ciremai lumayan mahal bagi para pendaki sekitar Rp 50.000 per orang. Setelah melakukan pendaftaran, selanjutnya perjalanan  diteruskan menuju pos 1. Namun untuk menuju pos 1 biasanya pendaki diantarkan sekalian dengan mobil yang disewa. Hal tersebut dikarenakan jalan menuju pos 1 dari basecamp pendaftaran jalur Apuy lumayan jauh namun beraspal, akan tetapi bagi yang ingin berjalan dan sedikit menguras tenaga agar biayanya lebih hemat juga tidak menjadi masalah. 

Jalur Pendakian Gunung Ciremai Via Apuy Yang Cepat

Jalur pendakian gunung ciremay dimulai dari basecamp sampai ke pos 1 Berod yang menempuh waktu 45 menit dengan jalan kaki. Perjalanan menuju pos 1 masih melewati perkampungan dan perkebunan warga. Selanjutnya menuju pos 2 sekitar 30 menit. Trek menuju pos 2 Arban dengan jalan yang landai namun terdapat semak-semak. Trek menuju pos 3 Tegal Masawa sudah mulai berat. Dari pos 3 sampai pos 4 Tegal Jamuju ditempuh dengan waktu 45 menit. Selanjutnya menuju pos 5 Sanghyang Rangkah diperlukan waktu 1,5 jam. 

Dalam perjalanan menuju Pos 6 atau Goa Walet akan mempertemukan jalur Apuy dengan jalur Palutungan dengan ditempuh sekitar 2 jam disertai medan yang berat. Di pos Goa Walet ini biasanya pendaki bermalam agar di pagi harinya bisa melihat sunrise.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 10.38