Jalur Pendakian Gunung Ciremai Linggarjati

Posted by Unknown on 10.18

Jalur pendakian gunung ciremai Linggarjati merupakan pendakian dengan jalur kabupaten kuningan sama seperti jalur palutungan. Desa linggarjati ini merupakan tempat start pendakian jalur linggarjati. Di daerah linggarjati juga terdapat wisata air yaitu pemandian air panas sangakan hurip. Jalur pendakian linggarjati lebih sulit dari jalur palutungan. Medan pada jalur ini lebih curam dan lebih menanjak. Gunung ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian pada 3078 mdpl dimana terletak di kabupaten cirebon, kuningan, dan majalengka.

Jalur Pendakian Gunung Ciremai Linggarjati

Akomodasi Transportasi Pada Jalur Pendakian Gunung Ciremai Linggarjati

Akses menuju basecamp jalur pendakian gunung ciremai linggarjati tidaklah sulit. Pertama menuju terminal cilimus. Terdapat banyak akses menuju desa linggarjati dari kota kuningan. Biasanya angkutan umum akan menurunkan pendaki di pertigaan linggarjati, selanjutnya harus menuju pos pendakian linggasana yaitu start pendakian gunung ciremai linggarjati. Untuk kesana, kita bisa naik ojek atau kendaraan bak terbuka dengan biaya 10.000 per orang. 
Baca juga : Jalur Pendakian Gunung Cikuray Via Pemancar
Tiket masuk gunung ciremai dipatok dengan harga yang sangat mahal menurut para pendaki dan warga setempat yaitu sebesar 50 ribu rupiah.

Jalur Pendakian Gunung Ciremai Linggarjati Yang Banyak Dilalui Pendaki

Perjalanan pertama pada jalur pendakian gunung ciremai linggarjati, akan berjalan di jalan ynag relatif landai dan agak menanjak dengan waktu 1 jam untuk sampai di pos cibunar. Sampailah pada pos selanjutnya yaitu pos leuwang datar. Selanjutnya menuju pos kondang amis dengan waktu 30 menit. Menuju pos selanjutnya yaitu kuburan kuda dengan trek sempit dan pohon rimbun. 

Dari pos kuburan kuda menuju pangalap dibutuhkan waktu 1 jam. Kemudian sampai pada pos tanjakan seruni. Pos selanjutnya yaitu pos bapak tere. Kemudian sampai di pos batu lingga. Selanjutnya menuju pos buana dengan waktu 2 jam. Menuju pos pengasinan dibutuhkan waktu 45 menit. Untuk sampai puncak, diperlukan waktu 30 menit. Di puncak gunung ciremai ini kita bisa melihat keindahan puncak gunung slamet, gunung sindoro-sumbing, dan laut cirebon. 


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 10.18