Jalur Pendakian Gunung Bukit Raya

Posted by Unknown on 11.37

Gunung bukit raya mungkin jarang terdengar dan jarang didaki bagi para pendaki gunung di Indonesia. Gunung ini terletak di provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat dengan puncak gunungnya berada di Kalimantan Tengah dimana memiliki ketinggian pada 2278 mdpl. Tetapi jalur pendakian gunung bukit raya yang akan digunakan dari Kalimantan Barat. 

Jalur Pendakian Gunung Bukit Raya

Gunung ini sampai saat ini dinyatakan titik tertinggi di pulau Kalimantan bagian Indonesia  yang masuk dalam list Indonesia 7 summits. Walaupun tingginya tidak terlalu tinggi tetapi tingkat kesulitan dalam mendaki jauh lebih sulit dibanding gunung-gunung yang ada di Pulau Jawa.

Jalur Pendakian Gunung Bukit Raya Yang Sering Dilalui

Gunung bukit raya menyajikan eksotisme hutan Kalimantan yang asri. Selama Pendakian anda akan disuguhkan dengan jalur yang bersih namun terdapat banyak lintah. Pada hutan TNBB-BR. Untuk mendaki anda akan melewati desa terakhir yaitu Desa Rantau Malam. Desa ini memiliki tiga dusun yaitu Dusun yaitu Tekambong, Minjai Permai dan Remukoi. Sepanjang jalur pendakian gunung bukit raya terdapat variasi vegetasi hutan hujan tropis dimana memberikan keindahan pada mata kita. Mulai start dari Resort Rantau Malam TNBB-BR diketinggian 160 mdpl menuju Koronghape anda dapat lalui dengan jalan kaki/ojek melewati jalan beton dengan jarak 7,6 km. 
Baca juga : Jalur Pendakian Gunung Bismo
Setibanya di Koronghape pendakian dilanjutkan menuju Pos Sungai Mangan 656 mdpl, sebelum tiba di Sungai Mangan anda akan melewati pos alternatif yang bisa dijadikan base camp yaitu Hulu Menyanoi 652 mdpl.

Jalur Pendakian Gunung Bukit Raya Yang Indah

Setibanya anda di puncak gunung bukit raya, anda akan melihat pemandangan Pulau Kalimantan yang sangat luas disertai dengan sungai yang terpanjang. Jika pada pagi dan sore hari terlihat sunset maupun sunrise yang sangat menakjubkan, kemudian pada malam hari terlihat lampu kota kalimantan yang eksotik. Anda tentu akan puas dan senang ketika berada di puncak gunung bukit raya. Jalur pendakian gunung bukit raya yang melelahkan dan cukup jauh akan hilang dengan seketika setelah anda sampai puncak dan melihat pemandangan di atas puncak. Namun anda harus memperhatikan perlengkapan, peralatan, dan bekal yang anda bawa agar setibanya di puncak kebutuhan anda akan terpenuhi.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 11.37