Jalur Pendakian Gunung Bismo Yang Sering Dilalui

Posted by Denny Wahyu Putro on 11.18

Gunung Bismo merupakan salah satu gunung yang ada di Kabupaten Wonosobo. Gunung ini terletak di sebelah utara kabupaten wonosobo, berada di sekitar dataran tinggi Dieng. Gunung Bismo ini memiliki ketinggian pada 2200 mdpl dan merupakan gunung yang belum banyak dijamah manusia. Gunung Bismo ini sangat luas dan dipenuhi dengan jurang terjal yang membuat pemandangan semakin indah. Untuk mencapai puncak gunung Bismo bisa melalui banyak tempat, tapi jalur pendakian gunung bismo yang paling mudah melalui dusun Silandak, Desa Slukutan, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo karena jalur ini sering dilalui banyak orang.

Jalur Pendakian Gunung Bismo

Jalur Pendakian Gunung Bismo Yang Esktrim

Tidak ada basecamp atau pos pendakian untuk sampai ke puncak karena gunung ini masih sepi. Hanya terlihat di kanan kiri pohon dan semak. Setelah melewati dusun Silandak kita masih harus melewati tanah pertaian milik warga setempat. Jalur pendakian gunung bismo yang sama ini juga bisa dilewati dari desa di baratnya Silandak seperti desa Melikan dan Bunto Dero Duwur. Setelah melewati tanah pertanian, kita akan melewati hutan semak dan ilalang. Kemudian terus berlanjut sampai ke pertengahan gunung, setelah di pertengahan kita akan melewati hutan pakis besar. 
Baca juga : Jalur Pendakian Gunung Butak
Lanjut lagi kita akan mendaki di hutan belantara yang rimbun. Disitu kita akan menemui medan yang cukup ekstrim dimana memiliki ketinggian sekitar 4 meter dan memiliki kemiringan sudut sekitar 90 derajat. Perjalanan sampai puncak bisa kita tempuh dalam waktu sekitar 3-4 jam.

Hati-Hati Di Jalur Pendakian Gunung Bismo

Kita harus hati-hati karena setelah melewati hutan kita akan memutari pinggiran puncak gunung untuk sampai ke puncak tertinggi, di samping akan kita lihat celah gunung yang sangat dalam. Pemandangan yang indah namun sedikit mengerikan di jalur pendakian gunung bismo karena kita harus berjalan di jalan setapak yang dikelilingi jurang sangat dalam. Teruslah berjalan sampai melihat bendera di puncak. Harus hati-hati sampai puncak karena jalannya ekstrim, tanah yang kita injak hanya sekitar setengah meter lebarnya kemudian langsung jurang dalam. Pada puncaknya kita akan melihat makam atau punden mbah Bismo. 

Ada baiknya kita berdoa di makam tersebut agar perjalanan kita selamat. Kalau langit cerah kita bisa melihat gunung Sindoro, sumbing, pakuwojo, tlaga menjer, dan kota wonosobo. Pemandangan yang sungguh menakjubkan akan menghilangkan kelelahan saat mendaki. Pada Puncak gunung bismo sangat terlihat ekstrim karena mengelilingi jurang ditengah gunung.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 11.18