Jalur Pendakian Gunung Sumbing Dari Desa Garung

Posted by Unknown on 15.27

Gunung sumbing adalah gunung yang terletak di wilayah kabupaten temanggung, magelang, dan wonosobo, dan memiliki ketinggian hingga 3371 mdpl. Gunung sumbing ini letaknya bersandingan dengan gunung sindoro dan celahnya sekarang telah dimanfaatkan untuk jalan provinsi yang menghubungkan temanggung dan wonosobo. Saat ini ada 5 pilihan jalur pendakian gunung sumbing yang bisa dilewati, namun saat ini banyak orang yang lebih memilih melewati jalur pendakian dari desa garung karena letak basecemap-nya hanya 15 menit dari jalan utama.

Jalur Pendakian Gunung Sumbing Dari Desa Garung

Jalur Pendakian Gunung Sumbing Yang Menanjak

Jalur pendakian gunung sumbing dari desa garung ini memiliki jalan yang menanjak dan panjang untuk mencapai ke pos 1-malim. Namun perjalanannya masih bisa dipersingkat dengan menggunakan jasa ojek dengan tarif rp 25.000. Pos 1 ini merupakan batas dari perkebunan dan pintu masuk hutan, serta juga terdapat warung disana.
Baca juga : Jalur Pendakian Gunung Sindoro
Perjalanan selanjutnya dilanjutkan ke pos 2-genus. Untyuk menuju pos 2 jalanannya terdiri dari tanah padat yang menanjak. Meski disana banyak percabangan jalur, namun nantinya ia akan tetap bermuara pada satu jalur. Pos 2 ini tidak terlalu luas dan mampu menampung 3 tenda. Perjalanan dilanjutkan dengan menuju ke pos 3- seduplak roto. Untuk menuju kesana jalan akan lebih menanjak dan tingkat kecuramannyapun juga tinggi. Di pos 3 ini ia bisa menampun tenda hingga 5 tenda.

Jalur Pendakian Gunung Sumbing Demgan Pemandangan Yang Indah

Jalur pendakian gunung sumbing selanjutnya diteruskan menuju pestan, dan untuk menuju kesana membutuhkan waktu yang cukup singkat. Di pestan ini wilayahnya cukup luas dan mampu menampun hingga puluhan tenda. Meski begitu di pestan ini tidak terdapat pepohonan dan bebatuan besar, sehingga akan rawan badai.

Setelah itu perjalanan dilanjutkan menuju pos watu kotak. Saat menuju pos watu kotak anda akan melewati daerah bernama pasar watu yang memiliki bebatuan yang besar serta jalan yang menanjak. Namun disini anda akan dapat melihat pemandangan yang indah dan gunung sindoropun dapat terlihat dengan jelas.

Saat anda ingin menuju puncak anda akan menemui pertigaan disana. Pertigaan tersebut akan mengarahkan anda pada dua puncak yaitu puncak buntu dan puncak kawah. Bila anda ingin ke puncak buntu anda pilih jalan yang lurus dan bila anda inign ke puncak kawah anda harus belok kanan. Dan bila ingin menuju ke puncak rajawali, para pendakli harus turun terlebih dahulu dan kembali melewati tanjakan dengabn kemiringan yang sangat curam.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 15.27