Jalur Pendakian Gunung Semeru Yang Sering Ditempuh Para Pendaki

Posted by Denny Wahyu Putro on 14.50

Aktivitas pendakian gunung saat ini menjadi hal yang banyak diminati oleh banyak orang, baik yang merupakan sekumpulan para pecinta alam maupun kalangan masyarakat lainnya. Saat ini telah banyak pilihan gunung yang ada di indonesia untuk didaki, dan salah satunya adalah gunung semeru. Gunung semeru merupakan gunung tertinggi di pulau jawa yang memiliki ketinggian hingga 3376 mdpl dan puncaknya dikenal dengan nama mahameru. Untuk mendaki gunung semeru ada dua jalur pendakian gunung semeru yang bisa ditermpuh oleh para pendaki, yaitu jalur pendakian melalui watu rejeng serta melalui gunung ayek-ayek.

Jalur Pendakian Gunung Semeru Yang Sering Ditempuh Para Pendaki

Jalur Pendakian Gunung Semeru Dari Watu Rejeng

Jalur pendakian gunung semeru melalui watu rejeng biasanya diawali dengan melewati desa ranu pane. Setelah itu anda akan menemui jalurt yang landai serta banyak ditumbuhi oleh alang-alang. Setelah 5 km berjalan anda akan bisa menjumpai pos pendakian di watu rejeng yang memliki  pemandangan lembah yang indah, dan 4.5 km setelah melanjutkan perjalanan dari pos tersebut anda dapat beristirahat kembali di pos pendakian di ranu kumbolo.
Baca juga : Jalur Pendakian Gunung Rinjani
Setelah beristirahat di ranu kumbolo asnda akan dihadapkan dengan bukit terjal yang indah pemandangannya, serta terdapat padang rumput yang dinamakan oro-oro ombo. Setelah itu adna akan melalui jalur bernama cemoro kandang yang daerahnya berupa hutan cemara yang didominasi oleh binatang kijang dan burung. Setelah itu anda bisa kembali beristirahat di pos kalimati yang disana terdapat padang rumput luas serta mata air sumber mani.

Dari pos kalimati anda harus melanjutkan perjalanan ke arcopodo yang berjarak 1 km dari sana. Dan setelah sampai ke arcopodo anda bisa mempersiapkan diri untuk mendaki ke puncak mahameru yang berjarak 3-4 km dari arcopodo.

Jalur Pendakian Gunung Semeru Melalui Gunung Ayek-Ayek

Jalur pendakian gunung semeru juga bisa ditempuh melalui jalur gunung ayek-ayek. Namun untuk melewatinya anda harus berhati-hati karena jalur disana curam dan cukup berbahaya. Untuk melaluinya anda bisa melewati desa ranu pane dan nmelalui jalur yang banyak ditumbuhi poleh tanaman kubis. Setelah itu jalan akan mulai landai saat melewati kawasan hutan, dan setelah itu jalur menjadi lebih curam tanjakannya saat menysuri pegunungan di gunung ayek-ayek serta disana juga terdapat celah gunung yang bisa . Dimanfaatkan untuk beristirahat.

Setelah itu pendaki harus menyusuri sisi gunung ayek-ayek yang melingkar ke arah kanan, dan setelah itu anda akan sampai di padang rumput yang luas bernama pangonan cilik. Dan setelah melewati kawasan tersebut anda akan sampai di ranu kumbolio setelah melakukan perjalanan sekitar 45 menit.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 14.50