Jalur Pendakian Gunung Papandayan Yang Selalu Dilalui Pendaki

Posted by Unknown on 14.23

Gunung papandayan adalah salah satu gunung di indonesia yang menjadi destinasi p-endakina bagi para pecinta alam. Gunung yang berada kabupaten garut ini sebelumnya memiliki empat kawah, namun sejak meletus di tahun 2002 areal kawah di gunung papandayan menjadi  satu dan memiliki ukuran yang besar dan bahkan dapat dilihat dari kejauhan. Jika anda berminat untuk mendaki di gunung papandayan dan ingin mengetahui jalur pendakian gunung papandayan yang ada disana, berikut informasi jalur pendakian gunung papandayan ayng bisa anda tempuh.

Jalur Pendakian Gunung Papandayan

Jalur Pendakian Gunung Papandayan Dari Awal Perjalanan

Bila anda ingin mengunjungi gunung papandayan, anda harus melewati arah cijulang dan saat berada di pertigaan ambil jalan yang lurus yang juga terdapat plang bertuliskan selamat datang di gunung papandayan. Untuk men uju ke puncak gunung papandayan, jalur pendakian gunung papandayan yang ditempuh akan dimulai dengan melewati jalur setapak yang dekat dengan kawah.
Baca juga : Jalur Pendakian Gunung Cikuray
Jalur setapak tersebut akan mengarah ke kanan, dan saat telah keluar dari komplek kawah jalan akan menjadi lebih mendatar dan disana juga terdapat lapangan yang bisa menampung lebih dari 30 tenda. Dari depan warung tersebut akan terdapat jalan setapak menuju pondok salada, dan selang 5 menit kemudian anda akan sampai di pondok salada.

Jalur Pendakian Gunung Papandayan Yang Juga Terdapat Alun-Alun

Jalur pendakian gunung papandayan kemudian dilanjutkan dengan menuju alun-alun tegal alur. Untuk kesana adan akan melewati tanjakan yang cukup curam, maka setelah itu jalan setapak akan menjadi landai dan setelah itu beloklah ke arah kiri dan menyusuri punggungan. Saat melalui hutan yang tidak begitu lebat adna akan menemui sebuah alun-alun yang cukup besar dan itulah yang dinamakan alun-alun tegal alur.

Setelah melewati alun-alun tegal alur sebrangilah sungai kecil yang ada disana dan kemudian berbelok ke kanan hingga nantinya akan  menemui kawasan hutan. Di kawasan ini anda harus jeli karena disana terdapat tali rafia biru dan merah sebagai pengganti jalan setapak yang menghilang disana. Puncak gunung papandayan ini hanya berupa pelataran kecil yang tersamarkan dengan jalan setapak yang membelahnya.