Jalur Pendakian Gunung Binaiya

Posted by Unknown on 09.50

Gunung binaiya merupakan gunung tertinggi di kepulauan maluku. Gunung binaiya ini memiliki ketinggian 3055 mdpl. Gunung binaiya ini juga masuk di wilayah taman nasional manusela yang berada di pulau seram. Di daerah gunung binaiya ini musim hujan terjadi sepanjang bulan november - april.

Jalur Pendakian Gunung Binaiya

Untuk itu sebaiknya jika anda ingin mendaki gunung binaiya sebaiknya lakukanlah pendakian pada bulan mei - oktober. Anda harus menyiapkan fisik dan persiapan yang sangat matang untuk melewati jalur pendakian gunung binaiya karena membutuhkan waktu 10 hingga 15 hari.

5 Jalur Pendakian Gunung Binaiya

Ada beberapa jalur pendakian gunung binaiya yang bisa anda lewati ketika ingin mencapai puncak gunung binaiya. Berikut ini adalah beberapa jalur yang akan anda lewati :
Ambon - pelabuhan wahai (pulau seram)
Dari ambon anda bisa naik bis dengan jurusan pelabuhan tuleha. Setelah itu anda bisa melanjutkan perja;lanan dengan menyeberang ke pulau seram mengguakan speed boat atau kapal ferri. Penyeberangan menggunakan kapan ferri hanya 2 kali dalam seminggu.

Wahai - desa kanikeh
Anda bisa memilih dua jalur untuk mencapai desa kanikeh ini yaitu jalur utara dan jalur selatan. Jika anda melalui jalur utara maka membutuhkan 2 hari dari wahai.

Desa kanikeh - waiansela
Desa kanikeh merupakan desa terakhir sebelum mencapai puncak gunung binaiya. Di desa ini, pendaki wajib melakukan upacara adat sebagai syarat sebelum mencapai puncak binaiya. Perjalanan menuju waiansela membutuhkan waktu sekitar 5 jam.

Waiansela - waihuhu - waipuku
Dari waiansela pendaku akan melewati waihuhu yang memakan waktu sekitar 4 sampai 6 jam. Di sepanjang perjalanan, pendaki akan disuguhi pemandangan luar biasa yang berupa pohon-pohon besar. Setelah melewati waihuhu, pendaki akan sampai ke pos terakhir yaitu waipuku.
Baca juga : Jalur Pendakian Gunung Batukaru
Waipuku - puncak binaiya
Dari waipuku ini anda akan mencapai daerah landai dan terbuka sehingga hembusan angin akan sangat terasa. Di waipuku ini anda sudah bisa melihat puncak gunung binaiya. Anda bisa mencapai puncak gunung binaiya ini kurang lebih 1 jam perjalanan.

Jalur Pendakian Gunung Binaiya Yang Sangat Mempesona

Walaupun jalur pendakian gunung binaiya yang harus dilewati sangat berat, namun anda tidak akan merasa capek. Pemandangan indah di kanan kiri perjalanan akan selalu menemani anda hingga sampai puncak gunung binaiya. Selalu pastikan kondisi tubuh anda dalam keadaan fit dan cukup kuat karena perjalanan menuju gunung binaiya sangatlah lama.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 09.50