Bebagai Jalur Pendakian Gunung Merbabu Yang Bisa Coba Anda Lewati

Posted by Unknown on 11.51

Gunung merbabu adalah salah satu gunung yang berada di pulau jawa, tepatnya berada jawa tengah. Gunung merbabu ini terletak di empat wilayah, yaitu kabupaten magelang di bagian barat, boyolali di bagian timur, salatiga di bagian selatan, serta wilayah semarang di bagian utara. Gunung merbabu saat ini menjadi gunung yang banyak disukai oleh para pendaki karena gunuhng ini cukup bersahabat serta memiliki pemandangan yang sangat indah. Bila anda berminat juga untuk mendaki gunung merbabu, berikut beberapa jalur pendakian gunung merbabu yang bisa anda lalui. 

Jalur Pendakian Gunung Merbabu

Jalur Pendakian Gunung Merbabu Yang Baru

Jalur pendakian gunung merbabu yang bisa anda lewati adalah jalur pendakian dari suwanting di magelang, dan jalur ini baru dibuka pada pertengahan maret 2015. Saat melewati suwanting, anda akan menempuh perjalanan sekitar 30-45 menit dari basecamp menuju pos 1. Setelah itu anda bisa melanjutkan perjalanan menuju pos 2 yang memakan waktu bhingga 1,5 jam dan jalurnyapun lebih menanjak dari sebelumnya. 
Baca juga : Jalur Pendakian Gunung Burangrang
Setelah ke pos 2 anda daapt melanjutkan perjalanan menuju ke pos 3 yang memakan waktu sekitar 2 jam.. Dan saat anda berada di perjalanan ke pos 3, anda akan menemui sebuah sumber air bernama sendang dampo awang. Dan dari siniu anda akan segera menuju puncak keteng songo yang menempuh waktu perjalanan hingga 1,5 jam.

Jalur Pendakian Gunung Merbabu Bagi Yang Menyukai Tantangan

Jalur pendakian gunung merbabu dengan mendaki melalui salatiga tepatnya melalui kopeng. Namun jalur dari kopeng ini memiliki jalur yang sangat ekstrim yang memiliki nama jalur setan. Untuk melewati jalur ini, ada 2 jalur pendakian yang bisa dilalui, yaitu jalur kopeng thakelan dan kopeng cunthel. 

Jika melewati jalur kopeng cunthel, pendaki membutuhkan waktu sekiar 8 jam untuk mendaki dengan rincian 1 jam untuk perjalanan dari basecamp ke pos 1; 1 jam perjalanan dari pos 1 ke pos 2; 45 menit untuk perjalanan pos 2 ke pos 3; 1 jam perjalanan untuk pos 3 dan pos 4; perjalanan pos 4 ke pemancar 1.5 jam; pemancar ke  puncak syarif 1.5 jam; serta perjalanan dari puncak syarif ke puncak kenteng songo 1 jam.

Sedangkan untuk kopeng thekelan perjalanannya membutuhkan waktu sekitar 6 jam. Yaitu dari pos pending ke pos 1 gumuk 1jam; pos 1 ke pos 2 lempong sampah 1 jam; ke pos 3 watu gubuk 1 jam; menuju pos 4 oemancar sekitar 1 jam; ke pos 5 helipaad 1 jam; dan kemudian menuju puncak syarif sekitar 1 jam perjalanan.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 11.51