Burung Jalak Penuntun Pendaki Gunung Lawu

Posted by Aji Tamara on 08.30

Gunung Lawu adalah sebuah gunung yang memiliki ketinggian mencapai 3.265 m dpl dan terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, tepatnya di perbatasan Kabupaten Karanganyar dengan Kabupaten Magetan. Gunung Lawu merupakan gunung keenam tertinggi di pulau jawa setelah Gunung Semeru (3.676 m dpl), Gunung Slamet (3.428 m dpl), Gunung Sumbing (3.371 m dpl), Gunung Arjuno (3.339 m dpl), dan Gunung Raung (3.332 m dpl). 

Mitos dan Misteri Gunung Lawu

Gunung-Lawu

Gunung lawu adalah salah satu gunung yang dicap paling mistis di ulau jawa. Gunung ini sering dijadikan sebagai tempat bertapa orang-orang yang masih percaya dengan hal-hal semacam itu. Apabila anda pernah mendaki Gunung Lawu mungkin di sepanjang perjalanan akan menemui beberapa tempat pertapaan dan apabila beruntung maka memungkinkan untuk bertemu langsung orang yang sedang bertapa. 

Selain itu, di gunung ini apabila seseorang atau sekelompok orang melakukan pendakian ke puncak dengan maksud baik maka seringkali akan dituntun atau ditunjukkan jalan oleh seekor burung jalak jawa yang dinamakan Kyai Jalak Lawu. Bagi para pendaki yang dituntun oleh burung ini dilarang untuk mengganggunya. Hal-hal semacam itu bagi sebagian masyarakat modern mungkin terdengar tabu, akan tetapi hal tersebut memang ada dan terjadi di Gunung Lawu. 

Gunung Lawu erat kaitannya dengan kerajaan Majapahit dna dipercaya sebagai tempat persinggahan Brawijaya V. Selain menjadi tujuan banyak pendaki dari kalangan orang biasa, Gunung Lawu juga pada malam satu suro didaki oleh beberapa bangsawan dari keraton Solo dan Yogyakarta. Mereka melakukan tradisi tertentu di Puncak Lawu. 

Jangan Lewatkan Misteri Lainnya :
Banyak pantangan yang harus ditaati oleh pendaki yang melakukan pendakian di gunung ini, dan apabila melanggarnya, dipercaya mereka akan mengalami suatu kesialan.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 08.30