Jalur Pendakian Gunung Jawa Timur Yang Sering Dilalui Para Pendaki

Posted by Denny Wahyu Putro on 12.20

Jawa timur memiliki beragam gunung yang memiliki pemandangan yang sangat memukau dan sering dijadikan destinasi pendakian para pecinta alam. Dan salah satu gunung di jawa timur yang sering dijadikan tujuan pendakian ialah gunung semeru dan bromo. Karena gunung bromo memilikik pemandangan yang menakjubkan dengan pemandangan sunrise yang sangat indah. Dan semeru sendiri merupakan gunung tertinggi di jawa yang memiliki puncak yang yerkenal yaitu mahameru yang sering diincar para pencaki. Dan bila anda ingin menuju ke gunung tersebut, berikut ulasan jalur pendakian gunung jawa timur tersebut.

Jalur Pendakian Gunung Jawa Timur Yang Sering Dilalui Para Pendaki

Jalur Pendakian Gunung Jawa Timur Yang Dilalui Pendaki Semeru

Jalur pendakian gunung jawa timur yang pertama ialah semeru. Gunung semeru adalah gunung yang terletak di daerah malang dan lumajang yang memiliki ketinggian 3676 mdpl. Untuk mendaki gunung ini hingga kemabli turun biasanya dibutuhkan waktu pendakian hingga 3-4 hari. Untuk mendaki gunung semeru baisanya pendaki memilih jalur ranupani dengan akumulasi waktu pendakiuan hingga 11 jam. 
Baca juga : Jalur Pendakian Gunung Jayawijaya
Rute pendakian melalui jalur ranupani ini ialah: ranupani – landengan dowo – watu rejeng – ranu kumbolo – oro-oro ombo – cemoro kandang – jambangan – kalimati – arcopodo – cemoro tunggal – puncak mahameru.

Jalur Pendakian Gunung Jawa Timur Di Bromo

Jalur pendakian gunung jawa timur selanjutnya ialah jalur pendakian menuju gunung bromo. Gunung bromo terletak di jawa timur yang berbatasan dengan 4 kabupaten yaitu lumajang, malang, pasuruan, dan probolinggo, dan memiliki ketinggian mencapai 2392 mdpl.

Untuk mendaki gunung bromo ada beberapa pilihan jalur yang bisa dipilih yang disesuaikan dengan arah perjalanannya. Bila berangkat dari arah surabaya maka perjalanan diarahkan menuju pasuruan, dan setelah itu pergi menuju desa tosari dan berlanjut di wonokitri. Bila anda berangkat dari arah malang maka perjalanan diarahkan menuju tumpang, setelah itu perjalanan dilanjutkan menuju ke jemplang dengan melewati desa gubuk klakah dan desa ngadas dengan menaiki jeep.

Sedangkan bila berangkat dari probolinggo maka perjalanan mengarah menuju sukapura, setelah itu pejalanan dilanjutkan menuju ngadisari. Dari gadisari perjalanan dilanjutkan menuju cemoro lawang dengan berjalan kai atau juga bisa menaiki kuda.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 12.20