Jalur Pendakian Gunung Tersulit Di Indonesia

Posted by Unknown on 12.22

Di Indonesia banyak sekali terdapat gunung-gunung tinggi dan sangat indah jika dilewatkan. Akan tetapi beberapa gunung memiliki kontur yang sangat sulit untuk didaki. Bahkan beberapa gunung tersebut sangat sulit didaki oleh para pendaki profesional sekalipun. Terdapat ratusan gunung di indonesian, baik yang sudah teridentifikasi ataupun yang belum teridentifikasi. Setiap gunung memiliki ciri khas tersendiri, termasuk dalam hal jalur pendakian. Tingkat kesulitan jalur pendakian yang dimiliki setiap gunung tidak bisa diukur dari ketinggian gunung tersebut. Berikut ini ada beberapa jalur pendakian gunung tersulit di Indonesia


Jalur pendakian cartenz pyramid

Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Indonesia. Cartenz pyramid sendiri terletak di pulau Papua. Gunung ini memiliki jalur pendakian gunung tersulit di indonesia. Puncak Cartenz Pyramid ini juga merupakan gunung di Indonesia yang tertutup oleh salju. Dengan ketinggian pada 4.884 mdpl, tentunya suhu udara menjadi kendala bagi para pendaki. Di titik awal pendakian suhu bisa mencapai 10 derajat celcius bahkan semakin dekat ke puncak suhu akan mendekati 0 derajat celcius. 

Jalur pendakian gunung latimojong

Gunung latimojong terletak di provinsi sulawesi selatan. Untuk mencapai puncak tertinggi Gunung latimojong pada ketinggian 3.680 mdpl, pendaki harus melewati 6 puncak bukit. Medan yang terjal dan curam, suhu udara, hutan lebat, dan kabut menjadi rintangan yang harus dilalui oleh para pendaki. 

Jalur pendakian gunung leuser

Gunung Leuser ini terletak di barat Indonesia, tepatnya di provinsi nangroe aceh darussalam. vegetasi alam di gunung leuser ini terdiri dari hutan hujan dengan kerapatan yang tinggi. Binatang buas yang masih hidup di hutan gunung ini masih banyak. Terdapat 4 jalur pendakian di Gunung Leuser ini. Perizinan yang harus dilakukan juga lebih banyak. Waktu tempuh pendakian adalah 9-10 hari. Gunung leuser ini memiliki ketinggian pada 3404 mdpl. 

Jalur pendakian gunung raung 

Gunung raung dengan puncak sejati yang berada di ketinggian 3.332 mdpl. Gunung ini berada di tiga wilayah jawa timur yaitu jember, bondowoso, dan banyuwangi. Selain itu untuk menuntaskan pendakian di Gunung Raung hingga ke puncak akan melewati tebing dengan kemiringan yang cukup terjal.

Jalur pendakian gunung kerinci

Jalur pendakian gunung tersulit di indonesia yang terakhir yaitu jalur pendakian gunung kerinci. Gunung yang terletak di Jambi ini memiliki ketinggian 3.805 meter dari permukaan laut dan merupakan gunung tertinggi di Pulau Sumatera. Semakin mendekati puncak trek yang dilalui akan semakin sulit. Hujan es merupakan fenomena yang biasa terjadi di Gunung Kerinci ini sehingga kemungkinan hypothermia pun semakin besar. 

Itulah beberapa jalur pendakian gunung tersulit di Indonesia yang sudah dijelaskan di atas, semoga dapat bermanfaat bagi anda para pendaki gunung dan pecinta alam. 


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 12.22