Jalur Pendakian Gunung Kerinci Jambi

Posted by Unknown on 11.59

Gunung kerinci dengan ketinggian 3805 mdpl merupakan puncak gunung tertinggi di pulau Sumatera dan gunung berapi tertinggi di indonesia. Gunung kerinci ini berada di wilayah kayu aro, kabupten kerinci, provinsi jambi dan termasuk dalam kawasan taman nasional kerinci seblat. Jalur pendakian gunung kerinci jambi ini hanya satu yaitu dari desa kersik tuo dekat dengan kota sungai penuh yang berada dalam wilayah provinsi jambi. 

Beberapa Akomodasi Pada Jalur Pendakian Gunung Kerinci Jambi

Untuk mencapai puncak kerinci kita bisa melewati jalur kersik tuo yang berada di wilayah kayu aro. Jalur kersik tuo merupakan jalur umum yang banyak dipakai oleh para pendaki untuk mendaki ke puncak gunung kerinci.  Untuk mencapai kersik tuo, anda bisa memulai dari kota padang. Start dari bandara minangkabau langsung menuju kersik tuo dengan mobil carteran atau travel jurusan sungai penuh selama 7-8 jam perjalanan. 


Sesampai di kersik tuo, anda bisa menginap di beberapa homestay dengan biaya inap yang relatif ekonomis. Jalur pendakian gunung kerinci jambi dimulai dari simpang macan yang berjarak 100 m dari homestay menuju pintu rimba. Sebelum menuju pintu rimba anda bisa berhenti dulu di R10 untuk mengurus perijinan. 

Jalur Pendakian Gunung Kerinci Jambi Yang Sangat Tinggi

Perjalanan dari Pintu Rimba menuju Pos 1 dapat ditempuh dalam waktu 30 menit melalui hutan tropis dengan jalur yang relatif landai. Perjalanan dari Pos 1 menuju Pos 2 ditempuh dalam waktu 30 menit, medan pendakiannya masih landai. Perjalanan dari Pos 2 ke Pos 3 ditempuh dalam waktu 45 menit, tracknya mulai menanjak, terkadang curam. Dari Pos 3 menuju Shelter 1 dapat ditempuh dalam waktu 1 jam 45 menit melalui hutan tropis basah dengan medan yang cukup terjal. Menuju Shelter 2 jalurnya lebih menanjak daripada jalur sebelumnya. Dari Shelter 1 menuju Shelter 2 dapat di tempuh dalam waktu 3,5 jam. 

Perjalanan dari Shelter 2 menuju Shelter 3 ditempuh dalam waktu 1,5 jam melalui jalur air yang menanjak dan licin. Perjalanan dari Shelter 3 menuju Puncak Gunung Kerinci dapat ditempuh dalam waktu 3 jam. 15 menit sebelum puncak kita akan menemui memoriam yang dikenal dengan Tugu Yudha. Sesampai di puncak Gunung Kerinci kita dapat menyaksikan panorama kawah gunung berapi yang menakjubkan. Untuk jalur pendakian gunung kerinci jambi pada saat turun melalui jalur yang sama saat mendaki dan lebih baik dilakukan pada siang hari. Jalur pendakian gunung kerinci  Jambi merupakan jalur pendakian tetinggi namun banyak menyuguhkan panorama yang sangat indah dan menakjubkan. 


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 11.59