Jalur Pendakian Gunung Halau Halau

Posted by Unknown on 11.31

Gunung Halau-Halau merupakan sebuah gunung yang terletak di pegunungan Meratus yang membentang dari kalimantan timur hingga kalimantan selatan. Gunung Halau-Halau memiliki ketinggian 1.901 mdpl. Jalur pendakian gunung halau halau didominasi oleh hutan tropis khas Borneo yang memungkinkan bagi anda untuk dapat melihat pohon dengan diameter batang yang mencapai 10 meter. 

Jalur Pendakian Gunung Halau Halau dari Barabai

Jalur pendakian gunung halau halau dapat anda temukan mulai dari Barabai. Dari lokasi ini anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Desa Batu Kampar. Desa ini merupakan batas terakhir desa yang dapat dijangkau dengan kendaraan roda empat. Perjalanan selanjutnya adalah dengan menggunakan roda dua atau dengan berjalan kaki selama 1 jam menuju kampung kiyu. Anda dapat beristirahat satu malam di desa ini karena terdapat homestay dan juga masjid sebelum melanjutkan perjalanan ke puncak. 


Terdapat sungai yang jernih sehingga anda tidak akan kekurangan air. Daftarkanlah diri anda sebelum menuju puncak. Biaya administrasi untuk satu orangnya adalah Rp. 3.000. Jika sudah melakukan pendaftaran dan registrasi maka anda dapat melanjutkan perjalanan ke camp sungai karuh dengan melalui tiga buah jembatan gantung. Jika anda telah melewati sungai besar kedua (sungai karuh) maka berarti anda dapat mencapai camp sungai karuh dalam waktu 1 jam lagi. 

Jalur Pendakian Gunung Halau Halau Terberat

Camp sungai karuh merupakan shelter 1 dari pendakian gunung halau-halau. Jika lelah maka anda dapat mendirikan tenda di lokasi ini. perjalanan ke shelter 2 atau penyaungan. Terdapat banyak mata air yang dapat anda temukan di sepanjang jalur dari shelter 1 ke shelter 2. Perjalanan dari shelter 2 menuju puncak merupakan pendakian yang terberat karena banyak terdapat tanjakan. Nah, itulah jalur pendakian gunung halau-halau yang dapat anda jadikan rute ketika akan mendaki gunung ini.
Itulah jalur pendakian gunung halau halau yang didominasi oleh hutan hujan tropis kalimantan.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 11.31