Beberapa Rute Jalur Pendakian Gunung Jawa Barat

Posted by Unknown on 13.56

Jawa barat memiliki beragam gunung yang sering dijadikan sasaran pendakian para pecinta alam. Karena gunung-gunung yang ada di jawa barat juga memiliki medan yang menantang seta mampu memberikan pemandangan alam yang menakjubkan. Bila anda tertairk juga untuk mendaki gunung yang ada di jawa barat dan inginm megetahui jalur pendakian gunung jawa barat yang tersedia, maka berikut ulasan singka mengenai jalur pendakian dari beberapa gunung yang sering dipilih pendaki.

Beberapa Rute Jalur Pendakian Gunung Jawa Barat

Jalur Pendakian Gunung Jawa Barat Di Cikuray

Ulasan jalur pendakian gunung jawa barat ini diawali darti jalur pendakian di gunung cikuray. Gunung ini merupakan gunung tertinggi keempat di jawa barat yang terletak di perbatasan kabupaten bayongbong, cikajang, dan dayeuh manggung dengan ketinggian mencapai 2821 mdpl. Untuk menuju gunung ciremai ini ada beberapa jaklur yang bi didaki yaitu jalur bayongbong, jalur dayeuhmenggung, dan jalur cikajang.
Baca juga : Jalur Pendakian Gunung Tersulit di Indonesia
Bila anda lebih menyukai tantangan anda bisa mendaki melalui jalur batongbong. Karena jalur bayongbong ini merupakan jalur pendakian yang paling berat yang sering diibaratkan poendaki sebagai pendakian dengkul ketemu dada. Selain itu ada juga jalur cikajang. Jalur ini merupajkan jalur yang jarang dilewati dipilih oleh para pendaki sehingga jalannya sering tertutup oleh daun dan ranting. Dan di jalur ini anda harus waspada karena disana sering ada jalur bayangan bekas para penebang liar dan babi hutan. Dan bila anda ingin memilih jalur yang banyak dipilih maka lebih baik anda pilih yang jalur dayeuhmenggung. Di jalur ini pertama kali anda akan dapat menemui pemancar televisi dann juga akan melewati perkebunan teh. Lama perjalanan di jalur ini bisa mencapai 6-8 jam.

Jalur Pendakian Gunung Jawa Barat Di Gede-Pangrango

Jalur pendakian gunung jawa barat selanjutnya ialah jalur gunung gede-pangrango. Gede pangrango merupakan gunung yang terletak di jawa barat yang terletak diantara kabupaten bogor, cianjur, dan sukabumi. Gunung gede-pangrango merupakan gabungan dari dua gunung yang saling menyatu dengan ketinggian yang juga berbeda yaitu gunung gede memiliki ketinggian 2958 mdpl sedangkan gunung pangrango memiliki ketinggian 3019. Untuk mendaki gunung gede-pangrango ini, ada 2 jalur yang bisa ditempuh, yaitu melalui jalur cibodas dan jalur gunung putri.

Jalur gunung putri ini hanya bisa digunkana untuk mendaki gunung gede saja, dengan rute basecamp – legok leunca – buntut lutung – lawang sekaten – simpang maleber – alun-alun surya kencana timur – puncak gunung gede. Dan untuk perjalann tersebut akan dibutuhkan waktu perjalanan hingga 7 jam.

Sedangkan untuk jalur cibodas, rute yang dilaui ialah pos pendaftaran – tarentong – telaga biru – rawa panyangcangan – rawa denok1 – rawa denok2 – batu kukus1 - batu kukus2 - batu kukus3 – pondok pemandangan – air panas – kandang batu – panca weuleuh – kandang badak – puncak. Bila anda igin ke gunung gede maka perjalanannya memakan waktu 7 jam 35 menit, sedangkan bila ingin dilanjutkan ke gunung pangrango, maka anda harus turun kembali dan menuju puncak pangrango dengan total waktu menjadi 9 jam 35 menit.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 13.56