Jalur Pendakian Gunung Haruman

Posted by Unknown on 11.42

Gunung Haruman merupakan sebuah gunung yang terletak di rangkaian pegunungan Malabar, kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung. Gunung ini memiliki ketinggian 2.141 mdpl dan jika anda ingin mendakinya maka anda dapat menuju titik pendakian ini dengan menempuhnya dari Wanawisata Puntang dan masuk ke bumi perkemahan Puntang hingga sampai ke pos informasi owa jawa. Jalur pendakian gunung haruman dapat anda tempuh dari pos ini kurang lebih sekitar 4 km. 

Jalur Pendakian Gunung Haruman Mudah Diakses

Jalur pendakian gunung haruman cukup mudah untuk diakses, dimana pada 200 meter pertama jalur yang dilalui adalah tangga batu. Setelah jalur tangga batu tersebut maka jalur tanah akan menyambut. Jalur yang tersedia cukup jelas dengan beberapa persimpangan yang mengarah ke bawah. Apabila kita menaiki gunung ini maka tidak ada salahnya untuk menandai jalur yang telah kita lewati sebelumnya agar memudahkan ketika turun nanti. 


Dalam pendakian gunung ini, jika beruntung maka anda akan dapat menemukan petugas dari Yayasan Owa Jawa yang sedang memonitor keberadaan Owa Jawa yang saat ini terancam punah. Jika anda mendaki gunung ini maka dilarang berhenti sebelum ketinggian 1800 meter karena ditakutkan akan dapat bertemu dengan owa jawa. Satu lagi, jika memang pendaki bertemu dengan owa jawa maka dilarang untuk mengganggunya, dalam artian memfoto, dll. jika menemukannya maka cukup dengan mengacuhkannya dan terus berjalan.

Jalur Pendakian Gunung Haruman (2.141 mdpl)

Pada ketinggian 1.800 mdpl, maka jalur yang dapat anda tempuh cukup ringan dengan banyak bonus (jalur datar) yang dapat anda temukan. Jalur yang tidak terlalu menanjak tersebut membuat perjalanan menuju puncak akan menjadi lebih ringan sehingga akan cepat sampai. Itulah jalur pendakian gunung haruman yang tidak terlalu berat sehingga dapat diakses dengan bonus melihat owa jawa, meskipun dilarang untuk mengganggunya. Jalur pendakian gunung haruman cukup mudah untuk diakses untuk pendaki pemula di Jawa Barat.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 11.42