Jalur Favorit Pendakian Gunung Merbabu

Posted by Denny Wahyu Putro on 10.46

Gunung merbabu merupakan salah satu gunung paling indah dan pernah aktif di provinsi jawa tengah tepatnya di kabupaten magelang untuk bagian barat, boyolali untuk bagian timur, salatiga untuk bagian selatan, dan semarang untuk bagian utara. Jalur pendakian gunung merbabu cocok sekali untuk para pendaki pemula. Dari mulai jalan datar, bergelombang, agak naik, dan menanjak samapi menanjak sekali ada di jalur pendakian gunung merbabu. Ditambah lagi hutan homogen, sabana, dan bukit rumput menghiasi setiap perjalanan. Ketinggian gunung merbabu yaitu pada 3142 mdpl. 

Gunung merbabu sendiri memiliki dua puncak tertinggi yaitu puncak syarif dan puncak kenteng songo. Jalur pendakian gunung merbabu ada banyak dan anda bisa memilih namun jalur favorit pendakian gunung merbabu yaitu jalur via selo. 

Jalur Favorit Pendakian Gunung Merbabu Via Selo Yang Sering Dilalui

Selain jalur favorit pendakian gunung merbabu via selo, maka anda juga bisa melewati jalur kopeng salatiga, wekas, dan suwanting. Jalur selo ini merupakan jalur favorit para pendaki untuk menuju puncak merbabu. Jalur ini memiliki tingkat kesulitan yang medium dan cocok sekali untuk pendaki pemula. Pada jalur ini pendaki akan disuguhkan dengan panorama hutan, sabana, rumput, dan lain-lain. Anda bisa menuju desa Selo lewat magelang atau boyolali. 


Jika dari yogyakarta, para pendaki bisa naik angkutan umum melewati kota muntilan. Jika sudah sampai selo carilah basecamp yang paling terkenal yaitu basecamp pak parman. Anda bisa menitipkan kendaraan dan mendaftar sebagai pendaki. Untuk parkir motor sebesar 3 ribu dan mobil 10 ribu. Untuk tiket mendaki dikenakan biaya 10 ribu per orang. Kita juga bisa memesan makanan saat di basecamp. 

Jalur Favorit Pendakian Gunung Merbabu Via Selo Yang Tepat Bagi Pemula

Jalur favorit pendakian gunung merbabu yaitu via selo dapat ditempuh dengan jalur mulai dari basecamp menuju ke pos 1, pos 1 menuju ke pos 2, pos 2 menuju saban 1, dari sabana 1 menuju pos 3, dari pos 3 menuju saban 2, dari sabana 2 menuju puncak kenbteng songo. Jika ingin ke puncak syarif maka akan ditempuh waktu 30 menit lagi dari puncak kenteng songo. Jadi total waktu pendakian ke puncak gunung merbabu menempuh waktu selama 8 jam 30 menit. Untuk perjalanan turun waktunya lebih cepat daripada saat mendaki dan melewati jalur yang sama. Waktu pendakian gunung merbabu ini lebih tepat start dari basecamp pukul 10 pagi atau 1 siang. Mendirikan tenda bisa di sabana 1. Jika ingin mengejar sunrise bisa mendirikan tenda di sabana 2. Pagi harinya pukul 3 atau 4 untuk mendaki menuju puncak. Untuk pendakian malam hari, anda bisa start dari 7 malam. 

Jalur favorit pendakian gunung merbabu yaitu jalur pendakian gunung merbabu via selo, boyolali karena merupakan jalur yang tergolong mudah dan panoramanya sangat indah. 


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 10.46