Rute Jalur Pendakian Gunung Ciremai Kuningan Yang Harus Dilewati Pendaki

Posted by Unknown on 15.00

Gunung ciremai gunung yang berada di jawa barat yang saat ini juga menjadi gunung tertringgi di jawa barat dengan memiliki ketinggian mencapai 3078 mdpl. Gunung ciremai ini  terletak di perbatasan 3 kabupaten yaitu kabupaten cirebon. Mmajalengka, dan kuningan. Saat ini jalur pendakian menuju puncak gunung ciremai ini ada 3 yaitu melalui jalur apuy di majalengka, jalur palutungan palutungan di kuningan, serta di jalur linggarjati. Bila anda  tertarik untuk memilih jalur dari kuningan, maka berikut beberapa ulasan jalur pendakian gunung ciremai kuningan yang bisa menjadi referensi anda.

Rute Jalur Pendakian Gunung Ciremai Kuningan Yang Harus Dilewati Pendaki

Jalur Pendakian Gunung Ciremai Kuningan Melewati Beberapa Pos

Jika anda ingin menuju jalur pendakian gunung ciremai kuningan, maka anda bisa menaiki angkutan dengan tujuan kantor taman nasional gunung ceremai. Untuk menuju jalur palutungan ayng ada di kuningan ini, maka perjalanan akan dimulai dengan menuju pos 1 cigowong. Di pos ini terdapat sngaiu kecil sehingga bila anda inig mengisi air anda bisa dan harus mengisi di sungai ini karena nantinya tidak akan ditemui lagi sumber air disana. Setelah itu perjalanan akan dilanjukan menuju ke pos 2 bernama blok pangguyangan badak yang brada di ketinggian 1790 mdpl dan terdapat puing bangunan tua disana.
Baca juga : Jalur Pendakian Gunung Dieng
Kemudian perjalanan dilanjutka menuju blok arban. Blok arban ini merupakan pos 3 yang terdiri dari area yang datar dan teduh, dan untuk sampai kesana dibutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Jalur Pendakian Gunung Ciremai Kuningan Menuju Puncak

Jalur pendakian gunung ciremai kuningan ini kemudian dilanjutkan menuju pos 4 yang bernama tanjakan asoy. Perjalanan menuju tanjakan asoy ini membutuhkan waktu sekitar 1 jam dengan medan yang menanjak. Setelah itu perjalanan berlanjut ke pasangrahan (pos 5) yang terdiri dari kawasan vegetasi yang ditumbuhi cantigi dan edelweis. Dan kemudian pendakian dilanjutkan menuju pos 6 bernama sanghyang ropoh dengan area yang datar dan terbuka.

Perjalanan selanjutnya akan menjadi lebih curam dan perjalanan nantinya akan sampai di pertigaan. Pertigaan ini akan bermuara pada jalur apuy bila mengarah ke kiri, dan bila anda ke kanan maka anda akan menuju ke kawah goa walet yng biasanya dijadikan tempat berteduh. Perjalanan selanjutnya hanay tinggal menuju puncak dengan waktu perjalanan sekitar 1.5 jam, dan setelah sampai di puncak anda akan dapat melihat pemandangan yang menakjubkan dengan pemandangan berupa panorama kota cirebon dan gunung slamet yang ditutupi awan.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 15.00