Jalur Pendakian Gunung Cikuray Via Cilawu

Posted by Unknown on 09.42

Gunung cikuray adalah sebuah gunung yang terletak di kabupaten garut, jawa barat. Gunung cikuray memiliki ketinggian  2821 mdpl dan merupakan gunung tertinggi keempat di Jawa Barat setelah gunung gede. Gunung cikuray ini berada di perbatasan kecamatan bayongbong, cikajang, dan dayeuhmanggung. Bagi para pendaki yang ingin mendaki gunung cikuray, untuk mencapainya dapat ditempuh dengan naik kendaraan umum dari bandung atau dari terminal tasikmalaya menuju terminal guntur. Dari sana diteruskan dengan angkutan umum menuju jalur pendakian. 

Jalur Pendakian Gunung Cikuray Via Cilawu

Ketiga jalur tersebut menawarkan medan yang sangat menarik dengan karakteristik masing-masing. Namun kali ini akan dibahas mengenai jalur pendakian gunung cikuray via cilawu. Kemudian dilanjutkan dengan angkutan umum menuju cilawu dapat turun di Sukamulya atau cigarungsang dan di tengah jalan kita ketemu pos perkebunan. Kemudian dilanjutkan dengan ojek untuk menuju ke stasiun pemancar.

Jalur Pendakian Gunung Cikuray Via Cilawu Yang Sering Dilewati Pendaki

Dari stasiun pemancar pendakian dilakukan melalui kebun teh sekitar 30 menit. Jarak pos 1 dari stasiun pemancar tv dapat ditempuh sekitar 45 menit. Kemudian dari pos 1 menuju menuju pos 2 ditempuh sekitar 50 menit dengan medan yang terjal dan banyak akar pohon. Dari pos 2 menuju pos 3 membutuhkan waktu lama karena medannya curam. 
Baca juga : Jalur Pendakian Gunung Cikuray Lewat Cikajang
Pada pos 4 terdapat tempat yang lebih luas. Pada pos 4 perjalanan dilanjutkan terus mendaki. Dari pos 4 ke pos 5 membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Kemudian dapat dilanjutkan ke pos puncak bayangan. Setelah itu dapat menuju ke pos 6 untuk segera sampai ke puncak. Jalur pendakian gunung cikuray via cilawu ini tidak terlalu berat jika dibandingkan jalur pendakian via bayongbong.

Jalur Pendakian Gunung Cikuray Via Cilawu Yang Mempesona

Puncak gunung cikuray pada jalur pendakian gunung cikuray via cilawu ini menyuguhkan panorama kota dan pegunungan di wilayah Garut. Terlihat beberapa gunung seperti gunung papandayan dan gunung guntur ketika berada di puncak cikuray ini. Di puncak gunung cikuray ini terdapat bangunan berupa pos. Kondisi puncak yang gersang dan tidak dikelilingi pohon akan beresiko saat hujan, angin, dan kabut karena akan langsung terhempas. Namun hal tersebut tidak menyulitkan para pendaki yang ingin mendirikan tenda pada puncak gunung cikuray yang indah ini.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 09.42