Jalur Pendakian Gunung Cikuray Via Bayongbong

Posted by Denny Wahyu Putro on 15.55

Jalur pendakian gunung cikuray via bayongbong merupakan pendakian gunung cikuray dengan jalur terberat. Banyak dari para pendaki yang mengakui bahwa jalur Bayong bong memang berat dengan treknya curam dan terjal. Namun begitu jalur bayongbong adalah jalur terpendek daripada dua jalur cikuray lainnya. Jalur bayongbong terletak di kecamatan bayongbong, kabupaten Garut. Akses menuju basecamp pendakian tidaklah sulit. Daerah kaki gunung Cikuray sudah cukup dikenal bagi kalangan masyarakat Garut. 

Jalur Pendakian Gunung Cikuray Via Bayongbong

Untuk menuju ke basecamp para pendaki bisa mengandalkan modal transportasi angkot maupun ojek. Kebanyakan dari sopir atau tukang ojek sudah paham betul aksesnya. Pos pendaftaran via bayongbong dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang.

Transportasi Jalur Pendakian Gunung Cikuray Via Bayongbong

Untuk akomodasi transportasi dari arah jawa Timur atau Jawa tengah dan sebagainya bisa menggunakan kereta api lalu turun di stasiun Kiara Condong, Bandung. Kemudian dari stasiun Kiara condong Bandung dilanjutkan menggunakan angkot ke Garut. Selanjutnya turun di terminal Guntur, Garut menuju basecamp bayongbong dengan ojek atau sewa angkot. Gunung Cikuray sendiri merupakan gunung tertinggi keempat di jawa barat. 
Baca juga : Jalur Pendakian Gunung Cikuray Garut
Gunung ini memiliki ketinggian pada 2.821 mdpl. Bagi para pendaki maupun wisatawan dari daerah jawa barat, maupun ibu kota Jakarta, Gunung Cikuray sudah sangat terkenal dan menjadi objek pendakian yang menyenangkan. Selain aksesnya mudah, ketinggiannya juga sedang dan tidak membutuhkan waktu lama untuk mendaki jalur pendakian gunung cikuray via bayongbong.

Beberapa Jalur Pendakian Gunung Cikuray Via Bayongbong

Jalur pendakian gunung cikuray via bayongbong dimulai dari basecamp menuju pos 1 dimana jalur tersebut melewati ladang warga. Pemandangan sejuk nan indah akan kita jumpai saat menuju pos 1. Selanjutnya menuju ke pos 2 di paparete kurang lebih selama 1 jam, kemudian ke pos 3 menuju kandang bagong selama 2 jam, lanjut ke pos 4 menuju ke chatell selama 30 menit, menuju pos 5 ke plesetan selama 1 jam, menuju ke pos 6 yaitu di Saghyang Bengkonang, Setelah itu ke puncak Cikuray selama 30 menit. Total pendakian sekitar 6 jam. 

Banyak para pendaki yang memilih puncak Cikuray sebagai tempat mendirikan tenda karena terdapat spot dan pohon yang kosong. Selain itu anda bisa melihat sunrise atau sunset tanpa harus mendaki lagi. Pada puncak gunung cikuray terdapat patok sebagai penanda puncak cikuray.   


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 15.55