Jalur Pendakian Gunung Argopuro Via Baderan

Posted by Unknown on 16.09

Gunung yang satu ini bisa menjadi salah satu destinasi pendakian gunung bagi anda para pecinta alam yang ingin menaklukkan gunung di jawa timur. Gunung tersebut yaitu gunung Argopuro. Jalur pendakian gunung Argopuro via Baderan terletak di desa baderan, kecamatan Sumbermalang, kabupaten Situbondo. 

Jalur Pendakian Gunung Argopuro Via Baderan

Jalur pendakian Argopuro adalah jalur erpangjang di Jawa, hal tersebut dikarenakan para pendaki memilih start pendakian dan finish dengan jalur yang berbeda. Misalnya jika start dari Baderan maka akan finish di Bremi dan sebaliknya.    

Jalur Pendakian Gunung Argopuro Via Baderan Sangat Panjang 

Pada jalur pendakian gunung Argopuro via Baderan tidak memiliki basecamp khusus, cukup dengan melapor ke polsek setempat ataupun pihak perhutani. Jalur Baderan ini merupakan jalur yang sangat panjang. Perjalanan awal kita membutuhkan 4 jam dengan jalan kaki untuk mulai masuk kawasan hutan atau bisa menggunakan ojek yang hanya membutuhkan waktu tempuh selama 2 jam. Pada jalur gunung argopuro terdapat beberapa pos seperti pintu masuk/Makadam, Mata Air 1, Mata Air 2, Cikasur, Cisentor, Rawa Embik, dan Puncak. 
Baca juga : Ekosistem Burung Gunung Gede
Pada Puncak Argopuro memiliki 3 puncak yaitu puncak Rengganis, puncak Arca, dan puncak Argopuro. Saat perjalanan ke puncak, anda akan disuguhkan dengan pemandanga berupa hutan, rawa, pepohonan tinggi, semak belukar, dan sabana/padang rumput yang luas. 

Jalur Pendakian Gunung Argopuro Via Baderan Yang Menakjubkan

Pada jalur pendakian gunung Argopuro via Baderan, biasanya melalui satu jalur panjang dengan titik berangkat dan titik pulang berbeda. Jika mengambil perjalanan jalur Baderan biasanya pendaki memilih jalur pulang ke Bremi dan sebaliknya. Jalur pendakian gunung agopuro sanatlah menakjubkan karena pada puncak terdapat kawah mati dan bau belerangnya masih sangat menyengat. Selain itu terdapat punden berundak. Pada bekas kawah banyak terdapat batu kapur. 

Gunung argopuro ini sebenarnya sangat mistis karena masih terdapat sisa bangunan kuno candi tertinggi di jawa yang diyakini sebagai petilasan Dewi Rengganis sehingga jika anda berada di puncak, anda tidak boleh membuang sampah sembarangan, mengganggun ketenangan di area gunung, dan harus menjaga ucapan.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 16.09