Jalur Pendakian Gunung Lawu Lewat Cemoro Sewu

Posted by Denny Wahyu Putro on 14.59

Indonesia memang kaya akan alamnya yang masih asri dan eksotis tentu cocok untuk anda yang menyukai petualangan yang mengasyikan seperti mendaki gunung lawu. Gunung lawu yang terletak di perbatasan jawa tengah dan jawa timur ini tepatnya di kota magetan. Gunung lawu adalah sebuah gunung berapi yang sudah lama tidak aktif. Gunung lawu memiliki ketinggian 3.265 mdpl atau meter di atas permukaan laut ini memiliki 3 puncak yang mana bernama puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah yang merupakan puncah tertinggi. 

Jalur Pendakian Gunung Lawu Lewat Cemoro Sewu

Tahukah anda bahwa pada tanggal 1 suro gunung lawu sangat ramai di daki orang baik penduduk lokal maupun orang dari berbagai kota. Biasanya pada malam 1 suro orang mendaki dengan tujuannya berziarah di puncak. Salah satu jalur pendakiangunung lawu yakni melewati cemori sewu yang terkenal.

Jalur Pendakian Gunung Lawu Lewat Cemoro Sewu Paling Cepat

Jalur pendakian gunung lawu lewat cemoro sewu ini anda harus melewati 5 pos yang merupakan tempat peristirahatan di sepanjang jalur menuju puncak. Beberapa pos ini akan saya jabarkan di bawah ini:
1. Pos 1 (basecamp)
Di mulai dari pos 1 yang di namakan basecamp anda akan di lalui oleh jalan yang masih mudah di lalui dan tidak terlalu menanjak. Di pos 1 ini ada shelter dan ada beberapa warung yang bisa anda manfaatkan untuk beristirahat, makan, dan minum.
2. Pos 2
Setelah anda berjalan ke pos 2 anda akan menemui jalan yang agak menanjak yang cukup terjal dan berbatu. Namun tetap saja anda bisa melaluinya dengan mudah walaupun agak melelahkan. Di pos 2 ini masih ada beberapa warung yang buka jika anda membutuhkan beberapa kelengkapan dan makanan.
3. Pos 3
Lanjut perjalanan anda ke pos 3 yang mana ada beberapa shelter atau tempat peristirahatan yang beberapa di antaranya memang sudah rusak dan tanpa atap.
Jalur Pendakian Gunung Lawu Lewat Cemoro Sewu Paling Mudah
4. Pos 4
Setelah anda menuju ke pos 4 anda tidak akan menemukan tanda pos 4 seperti pos – pos sebelumnya. Namun pos 4 ke pos 5 tidak lah terlampau jauh jaraknya juga di tandai dengan adanya sumber air yang terkenal keramat.
5. Pos 5 (Puncak)
Baca juga : Mendaki Gunung Bukanlah Sekadar Puncak
Di akhir jalur pendakian gunung lawu yakni pos 5 akhirnya anda menuju puncaknya gunung lawu uniknya lagi di puncak ini anda akan di suguhi warung mbok yem yang merupakan warung tertinggi di indonesia. Sehingga anda tidak perlu membawa makanan yang terlampau banyak dan juga jika anda tidak membawa tenda bisa beristirahat di warung ini. Tentu setelah di puncak anda jangan lupa menikmati pemandangan sunset yang eksotis.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 14.59