Jalur Pendakian Gunung Kerinci Paling Cepat Di Lalui

Posted by Denny Wahyu Putro on 14.50

Gunung kerinci seperti yang kita ketahui bahwa gunung ini terletak di pulau sumatera yang mana di juluki sebagai gunung berapi tertinggi di Indonesia. Tepatnya di wilayah kayu aro kabupaten kerinci provinsi jambi yang merupakan taman nasional kerinci seblat (TNKS). 

Jalur Pendakian Gunung Kerinci Paling Cepat Di Lalui

Gunung kerinci selain menyuguhkan pemandangan yang indah dan eksotis juga memiliki misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini yakni misteri orang pendek. Orang pendek ini adalah salah satu cerita atau mitos turun temurun penduduk kerinci. Orang pendek ini di deskripsikan orang pendek menyerupai kera dengan tinggi 60 cm yang memiliki keanehan yakni telapak kakinya terbalik jadi meninggalkan jejak yang terbalik pula. Kembali lagi ke jalur pendakian gunung kerinci anda bisa melalui jalur Kersik Tuo yang dekat dengan wilayah kayu uro.

Jalur Pendakian Gunung Kerinci Kersik Tuo

Jalur pendakian gunung kerinci kersik tuo ini merupakan jalur favorit pendaki dan juga jalur umum yang biasa di gunakan para pendaki untuk menuju puncak gunung kerinci. Anda bisa memulainya dari kota padang dari bandara anda bisa mencarter travel yang banyak menyediakan travel yang memakan waktu 7-8 jam perjalanan ke kersik tuo. Di kersik tuo anda bisa istirahat di beberapa home stay yang di sediakan. Di sini anda bisa mempersiapkan kembali beberapa perlengkapan pendakian anda yang akan anda gunakan untuk melalui 3 pos dan 3 shelter atau tempat singgah sementara sebelum menuju ke puncak gunung kerinci.

Jalur Pendakian Gunung Kerinci Tercepat

Pada pos 1 ke pos 2 bisa anda tempuh dalam waktu 30 menit. Jalan pendakiannya masih landai dan mudah di lewati. Terdapat Sumber air di Pos 2 berupa sungai kecil yang mengalir deras di musim hujan. Pada pos 2 ke pos 3 memakan waktu 45 menit. jalannya mulai sedikit menanjak dan agak curam. Di Pos 3 terdapat sherter yang masih bisa dipakai untuk berteduh namun tempatnya tidak cukup luas dan hanya menampung 1 tenda. Di Pos 3 ke Shelter 1 memakan waktu 1 jam 45 menit melalui hutan yang cukup terjal. Pondok di Shelter 1 sudah tidak ada lagi/roboh (3/11/2013). Di Shelter 1 terdapat tanah lapang yang cukup untuk mendirikan tenda hingga 5-6 tenda.
Baca juga : Sisi Mistis Gunung Merapi
Setelah menuju shelter 2 jalurnya lebih terjal dan menanjak pastikan anda berhati – hati karena jika musim hujan jalurnya sangatlah licin. Dari Shelter 1 ke Shelter 2 memakan waktu kira - kira 3,5 jam. Di Shelter 2 terdapat rangka besi yang sangat cocok untuk tempat camp sebelum ke puncak. Di Shelter 2 juga terdapat sumber air berupa genangan/tampungan air jernih yg selalu penuh di musim hujan. Perjalanan dari Shelter 2 ke Shelter 3 ditempuh dalam waktu 1,5 jam yang tentu agak menanjak. Dan akhirnya anda sampai di shelter terakhir yakni shelter 3. 

Dari Shelter 3 ke Puncak Gunung Kerinci dapat ditempuh dalam waktu 3 jam. 15 menit sebelum puncak kita akan menemui memoriam yang dikenal dengan Tugu Yudha. Untuk mengenang seorang pendaki bernama Yudha Sentika yang hilang dan hingga saat ini jasadnya belum ditemukan. Jalur pendakian gunung kerinci terakhir yakni di puncak Gunung Kerinci kita dapat menyaksikan panorama kawah gunung berapi yang indah dan eksotis.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 14.50