Kawasan Gunung Dieng Dengan Golden Sunrise di Puncak Sikunir

Posted by Unknown on 08.30

Gunung Dieng merupakan gugusan vulkanik aktif yang terletak di sebelah barat Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Dieng merupakan kawasan dataran tinggi di Jawa bagian tengah yang meliputi Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara. Ketinggian rata-rata di Dieng adalah 2.000 m dpl. 

Desa Tertinggi di Kawasan Gunung Dieng

Gunung-Dieng

Kawasan gunung dieng merupakan daerah dengan ketinggian rata-rata 2.000 m dpl dengan suhu saat siang hari berkisar 12-20˚ Celcius dan 6-10˚ Celcius saat malam hari, bahkan pada saat puncak musim kemarau suhu saat pagi hari dapat mencapai 0˚ Celcius. Di kawasan Dieng terdapat desa tertinggi yang bernama Desa Sembungan. Desa Sembungan tidak hanya merupakan desa tetinggi di kawasan gunung Dieng, akan tetapi juga merupakan desa tertinggi di pulau jawa dengan ketinggian mencapai 2.306 m dpl, lebih tinggi dari puncak gunung ungaran. Di desa Sembungan terdapat bukit yang merupakan salah satu tempat menyaksikan sunrise terbaik di Indonesia. Bukit itu sering disebut dengan Puncak Sikunir.

Obyek Wisata di Kawasan Gunung Dieng

Dieng adalah daerah yang terkenal dengan cuaca dinginnya, hal ini karena letaknya yang memang berada pada daerah dataran tinggi. Dieng juga merupakan salah satu tempat yang wajib anda kunjungi di pulau jawa, hal ini tak lain karena Dieng menyimpan banyak keindahan. Beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi diantaranya yaitu :

A. Candi 
Ada berbagai candi yang terletak di kawasan Dieng, seperti Candi Arjuna, Candi Bima, dll. candi ini terletak secara terpisah.

B. Puncak Sikunir
Ketenarannya sebagai salah satu spot terbaik menyaksikan sunrise sudah meng-Indonesia. Dari puncak Sikunir, apabila beruntung anda akan dapat menyaksikan gugusan gunung di Jawa Tengah, seperti Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dll.

C. Telaga Warna
Telaga warna akan semakin memesona apabila disaksikan dari bukit yang berada di sekelilingnya, atau dari batu pandang yang terletak di salah satu bukit. 

D. Sumur Jalatunda
Sumur ini berwarna hijau pekat dan memilii diameter 90 meter. Agar dapat mencapai sumur akses yang harus ditempuh yaitu anak tangga sebanyak 257 buah.

E. Telaga Cebong
Telaga cebong adalah sebuah telaga yang terletak pada ketinggian 2.300 m dpl di kawasan gunung dieng. Lokasinya yang berdekatan dengan puncak sikunir membuat telaga ini ikut terkenal.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 08.30