Gunung Gede, Gunung Dengan Populasi Burung Yang Beragam

Posted by Unknown on 09.00

Gunung gede adalah salah satu gunung yang berada di pulau jawa. Gunung gede memiliki ketinggian 2958 mdpl dan terletak di kawasan taman nasional gede pangrango. Wilayah cakupan gunung gede meliputi tiga kabupaten, yaitu kabupaten Cianjur, Sukabumi, dan Bogor. Gunung gede memiliki banyak sekali jenis burung, tercatat bahwa gunung gede memiliki setengah populasi burung dari 450 jenis burung yang ada di pulau jawa.

Riwayat Pendakian Gunung Gede

Gunung-Gede

Orang pertama yang tercatat menginjakkan kakinya pertama kali di puncak gunung gede yaitu Reinwardt yang merupakan pendiri kebun raya bogor. Reinwardt mencapai puncak gunung gede pada tahun 1819. Akan tetapi Reinwardt meyakini bahwa sebelum dirinya, sudah ada yang terlebih dulu mendaki gunung gede, yaitu Thomas Horsfield yang merupakan geologis asal Amerika. 

Pendaki pertama yang melewati jalur Cibodas yaitu Blume. Ia mendaki melewati Cibeureum, Air Panas, Kandang Badak, Alun-alun Surya Kencana, dan sampai puncak. Jalur inilah yang saat ini banyak dipilih sebagai jalur pendakian yang aman.  Akan tetapi, penghargaan untuk pendaki pertama Gunung Gede justru diberikan kepada Junghun yang telah menemukan sebuah kawah di puncak gunung gede pada tahun 1839. Saat itu, pada tahun 1821 dua biologis muda, Kuhl (24) dan Van Hasselt (26) telah menulis sebuah surat yang menjelaskan bagaimana mereka mencapai puncak setelah mengikuti jejak badak. 

Pendaki lain yang berhasil mencapai puncak Gunung Gede selanjutnya yaitu J.E. Teijsmann pada tahun 1839. Ia adalah salah satu orang yang pernah menjabat sebagai Direktur Kebun Raya Bogor.  Setelah Teijsmann, tercatat ada A.R Wallace pada tahun 1861, S.H. Koorders pada tahun 1890, M. Treub tahun 1891, W.M. Docters van Leeuwen (1911), serta C.G.G.J. van Steeins pada rentang waktu 1920-1952.


Gunung gede sudah berusia ratusan tahun, sehingga mengenai siapa keterangan pasti mengenai pendaki yang pertama kali manginjakkan kakinya di puncak Gunung Gede tidak diketahui hingga dewasa ini.

Terlepas dari siapa orang yang pertama kali mendaki Gunung Gede, gunung ini merupakan tempat flora dan fauna yang kealamiannya masih terjaga di dekat dua kota besar, Bandung dan Jakarta.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 09.00