Banyaknya Gunung di Jawa Tengah

Posted by Unknown on 08.00

Gunung di jawa tengah merupakan salah satu yang terbanyak di Indonesia. di jawa tengah terhitung ada beberapa gunung dengan ketinggian yang bervariasi, dari 1000an mdpl sampai 3000an mdpl. Gugusan gunung di Jawa Tengah membentang dari Gunung Muria di bagian timur jawa tengah di kawasan kudus sampai gunung slamet di bagian barat di kabupaten Purbalingga dan sekitarnya.

Beberapa Gunung di Jawa Tengah

Berikut ini akan dijelaskan beberapa gunung di Jawa Tengah, diantaranya yaitu;

Gunung Slamet
Gunung slamet adalah gunung dengan puncak tertinggi di Jawa Tengah, selain itu dengan ketinggian yang mencapai 3.428 mdpl menempatkan gunung ini sebagai gunung tertinggi kedua di pulau jawa setelah gunung semeru di Jawa Timur.

Gunung-Slamet

Gunung Sumbing
Gunung sumbing mendapatkan predikat sebagai gunung tertinggi kedua di Jawa Tengah setelah gunung slamet. Gunung umbing memiliki ketinggian mencapai 3.371 mdpl yang letaknya di kabupaten Magelang, Temangung, serta Wonosobo.

Gunung-Sumbing

Gunung Sindoro
Gunung sindoro memiliki ketinggian mencapai 3.150 mdpl dan terletak di sebelah gunung sumbing sehingga kedua gunung tersebut sering disebut sebagai gunung kembar karena ketinggiannya yang tidak berbeda jauh serta lokasinya yang berdekatan.

Gunung-Sindoro

Gunung Merbabu
Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 3.142 mdpl dan merupakan salah satu jenis gunung dengan tipe strato yang letaknya berdekatan dengan gunung merapi.

Gunung-Merbabu

Gunung Merapi
Gunung merapi merupakan gunung api teraktif di Indonesia, dan salah satu gunung api teraktif bahkan di dunia. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 2.914 mdpl. Gunung merapi memiliki siklus letusan yang sangat sering, yaitu siklus 4 tahunan, dimana setiap 4 tahun sekali bisanya gunung merapi akan melakukan erupsi untuk mengeluarkan materialnya.

Gunung-Merapi

Gunung Prahu
Gunung prahu terletak di kawasan dieng dengan ketinggian mencapai 2.565 mdpl. Gunung ini adalah gunung yang cukup bersahabat untuk didaki pemula karena jalurnya yang mudah dicapai serta dapat diakses dalam waktu yang tidak lama.

Gunung-Prahu


Beberapa gunung di Jawa Tengah membentang dari kawasan timur di kudus hingga sebelah barat di daerah Purbalingga dengan Magelang menjadi satu-satunya  kota di dunia yang diapit oleh lima gunung sekaligus.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 08.00