Jalur Pendakian Gunung Merapi Ijen

Posted by Denny Wahyu Putro on 10.14

Gunung merapi ijen yaitu sebuah gunung merapi yang masih aktif dengan status aman, dan bagi para pendaki gunung yang ingin melakukan pendakian di gunung merapi ijen bisa menggunakan sebuah jalur pendakian gunung merapi ijen, yang bisa dilewati melalui daerah bondowoso serta bisa melalui sebuah jalur banyuwangi.


Dan gunung merapi ijen berletak di sebuah daerah kabupaten banyuwangi di jawa timur, dan gunung ijen pernah meletus sebanyak empat kali di tahun 1796, tahun 1817, tahun 1913, tahun 1936. Dan gunung merapi ijen ini memiliki ketinggian mencapai 2443 meter diatas permukaan laut, serta juga gunung ijen juga terkenal dengan kawah ijen yang memiliki luas 5466 hektar dengan kedalaman 200 meter. Yang dimana gunung merapi ijen ini terkenal dengan hasil alam yang berupa batu belerang serta api abadinya yang terdapat di kawah ijen. Dan bila ingin melihat sebuah api abadi dari gunung ijen harus melakukan pendakian pada pagi hari sekali sekitar jam setengah lima bila ingin melihat api abad yang menyala biru.

Jalur Pendakian Gunung Merapi Ijen Ada Dua Jalur Berangkatnya

Selanjutnya dalam menuju ke gunung merapi ijen bisa pilih dua jalur berangkatnya yang bisa menggunakan sebuah jalur pendakian gunung merapi ijen, yang bisa dari arah banyuwangi nanti bila menggunakan sebuah angkutan bisa turun di station karangasem, lalu bisa dilanjutkan dengan menyewa sebuah ojek yang menuju desa banyusari, kecamatan licin, setelah itu dilanjutkan menuju paltuding atau pos perlindungan hutan dan pelestarian alam. 
Baca juga : Jalur Pendakian Gunung Papandayan
Dan untuk dari arah bondowoso ke arah timur dengan tujuan ke wonosari lalu ke tapen menuju sempol kemudian turun di paltuding sejauh 70 km.

Jalur Pendakian Gunung Merapi Ijen Bermula Dari Paltuding

Kemudian jika keberangkatannya sudah mencapai di daerah paltuding yang merupakan sebuah jalur pendakian gunung merapi ijen yang bermula dari pos pendaftaran paltuding, dengan mempersiapkan sebuah bekal logistik serta berdoa agar selamat dalam mendaki dan pulang juga selamat. Yang dimana waktu tempuhnya tidak memakan waktu banyak, karena memerlukan waktu dari 2 jam sampai 3 jam.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 10.14