Eksistensi Wisata Gunung Kelud

Posted by Aji Tamara on 08.11

Gunung kelud merupakan gunung yang terletak di kediri, Jawa Timur. Gunung ini hanya memiliki ketinggian 1.731 mdpl, akan tetapi termasuk salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia setelah gunung merapi di jawa tengah. Sejak tahun 1000 masehi, tercatat gunung kelud telah erupsi selama lebih dari 30 kali. Meski begitu, wisata gunung kelud tetap menggeliat setiap kali selesai erupsi. 

Wisata-Gunung-Kelud

Tempat Wisata Gunung Kelud

Ada beberapa tempat wisata gunung kelud yang direkomendasikan, diantaranya yaitu;

Air Panas Anak Gunung Kelud
Untuk mencapai lokasi wisata gunung kelud air panas harus melalui anak tangga sejumlah 800 buah. Cukup melelahkan, namun tidak akan mengecewakan karena di lokasi ini anda akan disuguhi air panas dengan kepulan asap putihnya. Berendam di air pns ini akan sedikit memulihkan otot yang menegang setelah melalui ratusan anak tangga.

Wisata-Gunung-Kelud

Gardu Pandang Gajah Mungkur
Gardu pandang ini adalah titik tertinggi untuk menikmati puncak kelud. Untuk mencapai tempat ini, maka anda diharuskan melewati 600 buah anak tangga sehingga akan menguras banyak tenaga. Untuk itu, apabila datang ke gunung kelud usahakan priosritaskan datang ke tempat ini terlebih dahulu.


Tebing Sumbing Gunung Kelud
Tebing ini merupakan sebuah batu andesit berwarna abu-abu gelap dengan bentuk kerucut dengan kemiringan yang mencapai 90 derajat. Tebing ini sering digunakan sebagai arena anjat tebing sehingga dapat dijadikan tontonan yang cukup memacu adrenalin.

Terowongan Gunung Kelud
Terowongan ini pada mulanya dibangun oleh Belanda pada tahun 1926 sebagai jalur lava ketika gunung kelud meletus. Terowongan ini hanya memiliki panjang sekitar 100 meter yang cukup gelap, akan tetapi masih cukup terlihat jalan di depan karena pencahayaan dari mulut gua.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 08.11